Bersama Tim Covid-19, Kodim 1420 Sidrap Intens Lacak Kontak 29 ODP Bergejala

oleh

SIDRAP – Personel Kodim 1420 Sidrap yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Tim Gugus Tugas Kecamatan intens melaksanakan pelacakan kontak ODP, Penyemprotan Disinfektan, Pemeriksaan kesehatan dan Edukasi isolasi mandiri terhadap keluarga ODP di beberapa Kecamatan di Wilayah Kabupaten Sidrap, Kamis (02/04/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menelusuri warga yang pernah kontak dengan 29 orang ODP bergejala yang kini menjalani proses karantina di RSUD Arifin Numang Kabupaten Sidrap.

Saat ditemui, Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf J.P. Situmorang, S.Sos mengatakan kegiatan yang dilaksanakan personel Kodim 1420 Sidrap yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menghambat sesegera mungkin penyebaran Covid-19 agar tidak menyebar dan meningkat khususnya diwilayah Kabupaten Sidrap.

“Oleh karena itu, Personel Kodim 1420 Sidrap diwilayah bersama dengan Tim Gugus Tugas Kecamatan intens melaksanakan pendataan warga khususnya yang masuk diwilayah Kabupaten Sidrap,”Ujarnya.

Ditambahkannya, kami juga setiap harinya bersinergi dengan Pemda, Polres dan Dinas Kesehatan melaksanakan pengecekan suhu dan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga serta perbatasan disetiap Kecamatan, Desa dan Lurah.

“Dan tidak lupa Tim juga melakukan edukasi terhadap warga untuk melaksanakan isolasi mandiri khususnya kepada keluarga ODP yang ada dibeberapa Kecamatan,”Pungkasnya.

Selain itu, Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sidrap, dr. Andi Irwansyah mengatakan penelusuran ini bersifat massif, dengan seizin ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sidrap kami bersama seluruh Puskesmas diwilayah untuk bersama-sama bergerak.

“Melalui hal tersebut, guna memaksimalkan pelacakan, kami telah melengkapi petunjuk teknis dalam menemukan warga yang pernah kontak erat dengan 29 ODP bergejala tersebut,”Terangnya.