Sidrap Akan “Lockdown” 80 ODP di Rusun Batulappa

oleh

PANGKAJENE – Setelah masuk zona merah dan peningkatan status Kejadian Luar Biasa (KLB), akhirnya Pemkab Sidrap mengambil langkah cepat. Semua Orang Dalam Pemantauan (ODP) segera di karantina di rumah susun milik Pemkab di Kelurahan Batulappa, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap.

Per Sabtu 28 Maret 2020, sedikitnya 80 orang masuk pemantauan. Menyusul adanya dua warga Sidrap Sulsel itu dinyatakan positif.

“Kita tak mau ada penularan jadi odp akan dikarantina di Rusun. Saat ini ada 80 yang dipantau,” kata Jubir penanggulangan COVID-19 Sidrap, Ishak Kenre, Sabtu 28 Maret 2020.

Sebagian besar odp adalah jamaah umroh yang serombongan kedua pasien positif asal Sidrap. Hanya saja pihak pemerintah melakukan pendataan dan screening untuk menentukan odp yang akan dikarantina.

“Tidak semua masuk odp, ada dikarantina mandiri tapi tetap pemantauan. ODP beresiko kita karantina di Rusun sekitar 80 orang saat ini dipantau,” tekan Ishak usai rapat persiapan penggunaan Rusun sebagai pusat karantina odp.

Ishak melanjutkan, odp yang dikarantina akan dipantau petugas medis. “Jika terjadi gejala Covid-19 baru kita akan rujuk ke RS Rujukan ,” tutup Ishak.