Rujukan COVID-19, RSUD Parepare Tak Gratis Bagi Pasien Luar

oleh

PAREPARE – Meski menjadi rujukan pasien COVID-19 atau virus Corona, namun check up di RSUD Andi Makkasau tidak gratis. Kecuali untuk warga Parepare, karena telah mendapat kebijakan pemerintah kota setempat.

Hal itu dikatakan Direktur RSUD Andi Makkasau, Kota Parepare, dr Reny Anggraeny Sari, saat dihubungi Beritasidrap.com, Selasa 24 Maret 2020. Menurutnya saat ini Pemkot Parepare telah mengeluarkan kebijakan untuk masyarakat.

“Memang untuk warga Parepare gratis karena di tanggung daerah,” paparnya. Berbeda dengan pasien dari luar Parepare tetap harus dikenakan biaya.

“Tidak gratislah, kalau dari luar tetap bayar. Kecuali daerahnya yang mau menanggung. Seperti dari Sidrap, kalau daerah (Pemda) mau tanggung kita gratiskan,” tegas dr Reny.

Menurutnya, pemerintah pusat belum menanggung biaya pasien meski status RS rujukan COVID-19. “Hingga saat ini belum ada tanggungan dari pusat. Jadi kalau dari luar mau cek up, tidak gratis,” kata Dia lagi.

Saat ini RSUD Andi Makkasau Parepare memantau 41 ODP dan 4 PDP. Sebagian berasal dari luar Parepare seperti Pinrang, Polman dan Sidrap.