Pemkab Sidrap dan UPC Rembukkan Pusat Pariwisata PLTB

oleh

SIDRAP – Geliat sektor pariwisata terus terasa di Kabupaten Sidrap. Rencananya
dalam waktu dekat, Pusat Pariwisata PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) Sidrap mulai dibangun.

Berlokasi di Desa Lainungan Kecamatan Watangpulu, pusat pariwisata ini memiliki konsep pemandangan PLTB yang dilengkapi pusat informasi dan gedung tamu, serta kios-kios yang menjual cendera mata.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Sidrap dan UPC Renewables mengadakan pertemuan, Jumat (13/3/2020) di Ruang Rapat Sekda Sidrap.

Rapat dipimpin Sekda Sidrap, Sudirman Bungi didampingi Asisten Ekbang Sidrap, Andi Faisal Ranggong. Rapat dihadiri Kadis Lingkungan Hidup, Hj Aryani, Kadis Perdagangan dan Perindustrian, Ahmad Dollah dan pimpinan OPD terkait.

Tampak pula Camat Watangpulu, Andi Surya Praja, Kades Lainungan Andi Haruna dan Kades Mattirotasi, Zainuddin Makkarennu.

Adapun pihak UPC diwakili Head of Development, Nico Priyambodo dan Direktur Operasional, Aaron Pritchard dan beberapa staf.

Sudirman Bungi menyambut baik rencana pembangunan Pusat Pariwisata PLTB tersebut dan berharap agar segera direalisasikan. Diketahui pengembangan pariwisata itu merupakan bagian dari komitmen PT UPC dengan Pemkab Sidrap.

“Ini akan menjadi destinasi wisata yang sangat baik dan akan mengembangkan sektor pariwisata Kabupaten Sidrap,” katanya.

Dalam kesempatan itu Nico memaparkan konsep dan berbagai fasilitas yang ada di Pusat Pariwisata PLTB nantinya. Di antaranya, lapangan pandang seluas setengah hektar, gedung tamu yang dilengkapi atap panel surya, model rumah turbin sekaligus tempat bermain anak dan meja berbentuk baling-baling berdiameter 20-25 meter,

Ada juga kios penjualan cendera mata, platform swafoto, fasilitas hiburan, terminal bus shuttle, gerbang turbin, musala serta fasilitas air bersih dan pembuangan sampah.

“Tahap I pembangunan dijadwalkan pada kuarter ketiga 2020 dan direncanakan rampung pada akhir 2021 mendatang,” ujar Nico.