Penulis Berdarah Bugis, NH Dini Tema di Doodle Google

oleh

JAKARTA – Halaman utama Google Indonesia hari ini, Sabtu 29 Februari 2020 mengangkat tema tentang sosok NH Dini. Seorang penulis berdarah Jawa – Bugis. Masa kecil Dini pun diceritakan penuh larangan Sehingga jika keras kepalanya muncul, ibunya acap berujar, “Nah, darah Bugisnya muncul.

Perempuan bernama lengkap Nurhayati Sri Hardini itu adalah penulis kenamaan Indonesia, yang tak lain ibu dari animator dan sutradara ternama di dunia, Pierre Coffin. Google mengangkat tema NH Dini yang juga dikenal sebagai sastrawan beraliran feminis di Indonesia.

Dia lahir di Kota Semarang, Jawa Tengah, 29 Februari 1936 dan meninggal 4 Desember 2018 pada umur 82 tahun akibat sebuah kecelakaan lalu lintas di jalan tol Tembalang, Semarang.

Beberapa karya terkenal yang dibukukan NH Dini seperti Hati yang Damai (1961), Pada Sebuah Kapal (1973), La Barka (1975), Namaku Hiroko (1977), Orang-orang Trans (1985) dan Pertemuan Dua Hati (1986). Dini menikah dengan Yves Coffin, seorang diplomat Perancis.

Pasangan ini melahirkan Pierre-Louis Padang Coffin, tanggal 1 November 1967. Pierre Coffin adalah animator dan sutradara Prancis.

Karya fenomenalnya adalah karakter animasi Minions. Pada film ini, Pierre tak lupa memasukkan percakapan dengan bahasa Indonesia seperti “Terima Kasih”. Dia juga menyinggung makanan kuliner khas Indonesia seperti Nasi Goreng dan Sate.

Memang Ia bersekolah di Gobelins di Paris. Kemudian mengawali kariernya di Amblimation, studio animasi 2D di London.