Kodim 1420 Sidrap Gelar Tes Kesegaran Jasmani Priodik I Tahun 2020

oleh

SIDRAP – Komando Distrik Militer (Kodim) 1420 Sidrap menggelar kegiatan Tes Kesegaran Jasmani Priodik I Tahun Anggaran 2020 di Stadion Ganggawa Pangkajene Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap, Selasa (25/02/2020) pagi.

Saat ditemui, Kepala Jasmani Korem 141 Toddopuli, Kapten Arh Udin Syarif mengatakan pada hari ini kita melaksanakan tes kesegaran jasmani priodik I tahun anggaran 2020 di Kodim 1420 Sidrap, Kegiatan ini memang kita sesuaikan dengan jadwal kalender yang sudah diatur.

“Dimana pada kegiatan ini kita laksanakan untuk mengukur kemampuan fisik Personel Kodim 1420 Sidrap,”Ujarnya.

Ditambahkannya, Kemudian kami perhatikan untuk Kodim 1420 Sidrap ini, diliat dari sarana dan prasarananya sudah cukup lengkap dan bagus.

“Sehingga kami meminta tolong agar tetap dipertahankan, karena ini semua menyangkut kegiatan dalam kesemaptaan,”Harapnya.

Hal senanda juga disampaikan oleh Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf J.P. Situmorang, S.Sos mengatakan dalam pelaksanaan tes ini kami tetap mengacu kepada ketentuan yang ada, terkait dengan ketentuan personel yang boleh mengikuti tes kesegaran ini.

“Salah satu diantaranya masalah kesehatan menyangkut tensi dan riwayat sakit yang pernah dan sedang dialami prajurit menjadi perhatian kami dalam pelaksanaan kegiatan ini, tentunya bagi prajurit yang memiliki masalah dengan kesehatan, mereka tidak diikutkan dalam kegiatan ini. Termasuk yang berat badannya kategori Limit Atas (LA) dan Luar Limit Atas (LLA) juga tidak diikutkan dalam kegiatan ini. Mereka diwajibkan untuk menurunkan berat badan sehingga untuk test kesegaran berikutnya mereka bisa ikut. “Ungkapnya.

Lanjut Dandim, Kegiatan ini tentunya untuk menguji kemampuan personel setelah beberapa bulan dilaksanakan pembinaan secara rutin, disini mereka diuji apakah bisa lulus untuk mencapai standar yang telah ditentukan. Bagi yang lulus tentu ini menjadi sesuatu yg memuaskan bagi prajurit yang bersangkutan karena mereka mendapat hasil dari apa yang mereka latihkan selama ini. Sebaliknya bagi yang belum mencapai nilai standar tentu ini menjadi perhatian khusus bagi satuan untuk melakukan pembinaan yang lebih intens. Pada intinya adalah apabila kita mampu mengikuti test ini dengan hasil baik sesuai dengan kategori umur berarti kita masih sehat, kondisi kebugaran kita masih bagus dan hal ini akan menunjang pelaksanaan tugas sehari hari.

Untuk diketahui pelaksanaan tes kesegaran jasmani ini tersebut meliputi tes garjas A terdiri dari Lari 12 menit, sedangkan garjas B terdiri dari Full Up, Sit Up, Push Up, Lunges dan Shutle Run serta ditambah dengan tes ketangkasan renang dasar militer menggunakan gaya dada.

Terlihat dalam kegiatan tersebut diikuti oleh Kasdim 1420 Sidrap, Mayor Inf Sudirman.SS, para Perwira Staf, para Danramil serta seluruh Personel Militer dan Pns Kodim 1420 Sidrap.

oleh