Penobatan Addatuang Sidenreng XXV, Inspirasi Kemajuan Kebudayaan

oleh

Penobatan Andi Faisal Sapada sebagai Addatuang Sidenreng XXV berlangsung di Halaman eks Kantor Bupati Sidrap, Senin (24/02/2020). Penobatan berlangsung meriah ditandai rangkaian seremoni adat istiadat Sidenreng.

Prosesi tersebut dihadiri Gubernur Sulsel diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulsel, Denny Irawan Saardi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sidrap, Andi Faisal Burhanuddin dan Ketua DPRD Sidrap, H Ruslan.

Tampak hadir unsur Forkopimda Sulsel, Forum Silaturahmi Kraton Nusantara, para raja dan ratu se-nusantara, akademisi, tokoh masyarakat dan hadirin lainnya.

Denny Irawan membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulsel menyampaikan, penobatan Addatuang Sidenreng XXV memberi inspirasi kemajuan kebudayaan khususnya di Sulsel.

“Penobatan Addatuang Sidenreng XXV adalah momen baik dalam pelestarian nilai budaya dan sejarah terkhusus di Sidrap,” ujar Denny.

Ia juga menyampaikan harapan agar Adatuang Sidenreng XXV yang dinobatkan senantiasa bekerja dengan baik dalam mendukung kemajuan kebudayaan seperti ditetapkan dalam UU Kemajuan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2017.

“Semoga senantiasa menjadikan Sidrap kota bersejarah dan berbudaya sebagai daya tarik wisata bagi wisatawan nusantara maupun manca negara,” harapnya.

Atas nama Pemerintah Provinsi Sulsel, Denny Irawan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak mendukung pelaksanaan penobatan yang memberi warna baru dalam pengembangan kebudayaan dalam kerangka NKRI.

“Sekali lagi pemprov mengajak seluruh pihak menjaga dan mempertahankan adat budaya dalam menjawab tantagan zaman yang demikian pesat. Karena bangsa yang besar adalah bangsa berbudaya dan senantiasa melestarikan adat budaya yang ada,” tandas Denny.