AMSI Sulsel Nilai Berita Harian Fajar Tendensius pada Media Lokal

oleh

MAKASSAR – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulsel menilai sikap media cetak Harian Fajar atas pemberitaannya pada (edisi Jumat 14 Februari 2020), terlalu tendensius terhadap media daring di daerah.

Dalam headline Harian Fajar itu mengangkat judul ‘Media Abal-abal Gerogoti APBD’ lebih banyak menyinggung keberadaan media daring yang banyak menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah di Sulsel.

Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulsel, Herwin Bahar menyayangkan, keputusan dewan redaksi Harian Fajar yang justru mulai melakukan kampanye negatif dan cenderung megeneralisasi keberadaan media daring.

Secara eksplisit, lanjut dia, pada pemberitaan Harian Fajar juga relatif dangkal dari sisi argumentasi karena menyebut media abal-abal itu jika tidak terverifikasi oleh Dewan Pers (DP)

“Memang betul, semua perusahaan media itu harus mendapat verifikasi adminisitrasi dan faktual dari DP. Tetapi semua ada proses tahapannya, dan yang utama tidak semua media utamanya media daring itu langsung dijustifikasi abal-abal,” ujarnya saat berbincang, Sabtu (15/2/2020).

Pada kesempatan lain, manajemen Pijarnews.com, salah satu memberi AMSI Sulsel, mengklarifikasi pemberitaan Harian Fajar dan media online Fajar.co.id dengan judul “Media Abal-abal Gerogoti APBD” yang terbit Jumat (14/2/2020).

“Dalam berita tersebut media online Pijarnews.com yang kami kelola sejak 2016 lalu seolah-olah disebutkan dalam kategori media abal-abal,” kata Direktur PT Pijar Media Global (Pijarnews.com), Alfiansyah Anwar.

Menurutnya, selama empat tahun lebih pihaknya mengelola pijarnews.com di bawah bendera PT Pijar Media Global dengan badan hukum yang lengkap.

Jurnalis yang bekerja di media ini, juga telah berupaya menjalankan profesi mulia ini berdasarkan ketentuan UU Pers No 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik.

Bahkan umumnya yang bekerja menjadi jurnalis di sini (pijarnews.com) pernah menjadi wartawan Harian Fajar dan wartawan media cetak dan televisi ternama. “Tim Iklan/marketing kami juga akan bekerja sesuai ketentuan yang berlaku,” tegas Alfiansyah.

Kantor Redaksi dan Tata Usaha Pijarnews.com beralamat di Jl Andi Sulolipu No 19. Sebelumnya beralamat di Jl Kelapa Gading, Perumahan Yasmin Garden Blok Blok B4/5.

“Insya Allah, Pijarnews.com bukan media abal-abal seperti yang dituduhkan. Kami sudah upload berkas administrasi 100 persen ke Dewan Pers beberapa bulan lalu. Tapi masih ada berkas yang masih perlu diperbaiki. Termasuk syarat utamanya, Pemimpin Redaksi (Pemred) harus kantongi Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Utama dari Dewan Pers,” katanya.
(Sumber: kronologi.id)