J.P Situmorang Apresiasi Pekan Budaya Daerah Sidenreng Rappang Tahun 2020

oleh

SIDRAP – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1420 Sidrap, Letkol Inf J.P. Situmorang, S.Sos mengapresiasi kegiatan Pekan Budaya Daerah Sidenreng Rappang Tahun 2020 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Sidrap di Pelataran Monument Ganggawa Kelurahan Pangkajene Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap, Rabu (12/02/2020) pagi.

Dalam sambutan Bupati Sidrap yang bacakan Wakil Bupati Sidrap, Ir.H.Mahmud Yusuf mengatakan Pekan budaya Sidrap yang kita laksanakan pada hari ini, didorong oleh komitmen dan semangat untuk melestarikan budaya daerah kita sekaligus merefleksikan kecintaan kita kepada budaya daerah kita sendiri

“Pekan budaya ini sekaligus menjadi momentum bagi kita semua untuk kembali membangkitkan kesadaran akan pentingnya untuk mengangkat kembali nilai-nilai kearifan lokal budaya daerah dalam menata kehidupan sosial di era global dewasa ini,”Ujarnya

Ditambahkannya, Pekan budaya ini juga merupakan tindak lanjut penjabaran dari salah satu misi kami selaku Bupati bersama wakil Bupati Sidrap yaitu memajukan dan menciptakan kondisi kehidupan beragama serta meningkatkan kualitas budaya lokal sebagai basis nilai dalam menciptakan kehidupan sosial kemasyarakatan yang kondisif.

“Dimana Pekan budaya yang kita laksanakan ini bertujuan untuk kembali mengingat dan menapaki jejak historis eksistensi daerah kita Sidenreng Rappang sebagai salah satu entitas daerah Sulsel yang memiliki khasanah budaya tradisionil yang khas,”Pungkasnya.

Selain itu, saat ditemui Dandim 1420 Sidrap mengatakan kita semua wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita diberada Negara Indonesia yang sangat kaya akan budaya dan suku yang berbeda-beda dan melalui kegiatan ini, saya sangat mengapresiasi akan adanya Pekan Budaya Daerah di Kabupaten Sidrap ini.

“Maka dari itu saya mengajak kepada seluruh lapisan yang ada diwilayah Kabupaten Sidrap, untuk senantiasa kita bersama-sama memeriahkan pekan budaya daerah ini yang juga merupakan ajang silaturahmi kita semua,”Tuturnya.

Untuk sekedar diketahui, adapun jenis perlombaan yang akan dilombakan pada Pekan Budaya Daerah Kabupaten Sidrap, yaitu Lomba mappadendang antar Kecamatan, Lomba Simponi kecapi antar SD dan SMP, Lomba lagu daerah antar OPD dan Kecamatan, Lomba Osong tingkat SD, Lomba baca huruf lontara antara SD dan SMP, Kompetensi anak darah na kallolona Sidenreng Rappang anatar SMA/SMK, Perguruan Tinggi dan Perwakilan Kecamatan dan Pertandingan Maggassing, Mallongga dan Tarompah antar SMP.

Terlihat dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabag Ren Polres Sidrap, AKP Ahmad Rosma, SH, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidrap, H.Syahrul, SH.MH, Kepala Subag TU Kemenag Sidrap, DR. H. Umar Yahya,M.Ag, Para Kepala Dinas Tingkat SKPD se-Kabupaten Sidrap, Para Kepala Sekolah dan Guru se-Kabupaten Sidrap serta Para Korwil Disdikbud se-Kabupaten Sidrap.