Kodim 1420 Sidrap Gelar Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter Triwulan I Tahun 2020

oleh

SIDRAP – Komando Distrik Militer (Kodim) 1420 Sidrap menggelar kegiatan penyelenggaraan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan I Tahun 2020 di Aula Makodim 1420 Sidrap Kelurahan Majjelling Wattang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap, Kamis (06/02/2020).

Kegiatan yang digelar oleh Kodim 1420 Sidrap ini, bertujuan agar seluruh personel menguasai pengetahuan tentang Kemampuan Teritorial serta memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas Pembinaan Teritorial baik tingkat perorangan maupun satuan.

Dalam sambutannya, Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf J.P. Situmorang, S.Sos menjelaskan bahwa sasaran Penyelenggaraan kegiatan ini adalah Terpelihara dan meningkatnya kemampuan Apkowil yang dapat berinteraksi dengan situasi kondisi masyarakat wilayah binaan dan terwujudnya mental, disiplin dan semangat aparat yang tangguh dan profesional serta terpeliharanya integritas kepribadian sebagai prajurit pejuang.

“Dimana sasaran kuantitatif kegiatan ini adalah para Staf, Danramil dan Babinsa, agar semua aparat kewilayahan dapat mengetahui, memahami dan menguasai kemampuan Apkowil dan Puanter ini,”Ujarnya.

Ditambahkannya, selain itu tujuan dan sasaran kualitatif yang ingin dicapai dalam kegiatan ini agar terpeliharanya kemampuan apkowil, terwujudnya mental, disiplin dan semangat yang tangguh, terpeliharanya kepribadian, dapat memahami situasi kondisi lingkungan, mengenal aparat dan tokoh diwilayah serta mewujudkan prajurit yang mampu menggunakan teknologi.

“Dalam kegiatan ini juga, nantinya akan diisi dengan materi yang wajib dikuasai yaitu 5 Kemapuan Ter, Metode Binter dan Sikap Ter, sehingga rekan rekan diharapkan betul-betul menguasai materi kegiatan ini,”Pungkasnya.

Selain itu, Plh. Kasiter Korem 141 Toddopuli, Mayor Inf Junaid mengatakan kegiatan ini merupakan program yang tetap harus kita laksanakan, meskipun rekan-rekan sudah mengetahui.

“Inti dari kegiatan ini, bagaimana kita semua dan rekan Babinsa membuat dan menggali sumber daya, sehingga bisa menjadi alat pertahanan diwilayah darat agar bisa digunakan satuan dalam melaksanakan suatu operasi,”Terangnya.

Terlihat dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasdim 1420 Sidrap, Mayor Inf Sudirman.SS, Pasi Bhakti Ster Korem 141, para Perwira Staf, para Danramil serta Personel Kodim 1420 Sidrap.

oleh