Buka Tudang Sipulung, Camat Watang Sidenreng Sampaikan Hal Berikut

oleh

SIDRAP – Musyawarah Tudang Sipulung (MTS) tingkat Kecamatan Watang Sidenreng tahun 2020 berlangsung Rabu (29/1/2020) di aula kantor camat setempat.

Tudang sipulung dibuka Camat Watang Sidenreng , Hidayatullah Abbas dihadiri Kabid Operasi dan Pemeliharaan PSDA Sidrap, Muhammad Yusuf dan Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Sidrap, Suryanto.

Turut hadir, forkopincam Watang Sidenreng, pimpinan IP3-OPT Tiroang, para lurah dan kades se-Kecamatan Watang Sidenreng, UPTD Wilayah Sungai Saddang, para stakeholder pertanian dan tim perusmus dan tim teknis.

Membacakan sambutan Bupati Sidrap, Camat Watang Sidenreng menyampaikan sejumlah hal sebagai bahan evaluasi dalam musyawarah tersebut.

Hal pertama, sebut Hidayatullah, yaitu evaluasi musim tanam lalu yang berhubungan dengan pola tanam, jadwal tanam dan ketersediaan sarana produksi serta

“Kedua, evaluasi dampak perubahan iklim yang terjadi. Kita mewaspadai serangan tikus, hama penggerek batang dan OPT lainnya,” ujar mantan Kabid PSDI Kominfo Sidrap itu.

Selanjutnya Ia mengungkap perlunya evaluasi jaringan irigasi dan ketersediaan air untuk kelancaran usha tani berdasarkan daerah irigasi.

“Selain itu harus ada evaluasi kebersamaan semua pihak terkait guna menerapkan sanksi terhadap oknum yang melanggar kesepakatan hasil rumusan musyawarah tudang sipulung,” sebut Hidayatullah lagi.

Evaluasi lain, urainya adalah dalam hal penyusunan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) benih dan pupuk, benar-benar tersedia dan bermutu serta tepat waktu penggunaannya.

“Terakhir, evaluasi peningkatan pengetahuan dan keterampilan aparat dalam mendemonstrasikan paket teknologi budidaya tanaman pangan melalui kegiatan demplot atau dem area sebagai wujud peningkatan sumber daya petani,” paparnya.

Di bagian lain, Hidayatullah juga mengingatkan rumusan tudang sipulung kecamatan akan dilanjutkan ke tingkat kabupaten.

“Untuk itu diharapkan rumusan yang ditetapkan nantinya bermanfaat dalam peningkatan produksi guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pertani,” tandasnya.

oleh