Buku ‘Nyinyir Laculleq’, Pendukung Prabowo-Sandi Dirilis

oleh

MAKASSAR – Pendukung setia pasangan capres Prabowo Subianto – Sandiaga Uno (PAS) pada Pilpres 2019 lalu, Alfian Nawawi, akhirnya merilis bulu teranyar. Alfian yang memiliki nama Laculleq di dunia maya ini memberi judul bukunya “Republik Temu Lawak”.

Laculleq kerap ‘nyinyir’ terkait kondisi sosial dan politik di Indonesia. Tema-tema yang update diramu menjadi tulisan yang jenaka, sarat kritikan dan masuk akal.

“Hanya sekumpulan ‘gerutu’ campur ‘gurau’. Lebih tepatnya, sekumpulan celetukan atau tulisan iseng,” kata Alfian menjelaskan sambil tersenyum. Penulis yang juga blogger, youtuber, dan kartunis ini mengakui esai-esainya yang kadang ‘membanyol’ di wilayah politik meskipun juga banyak membincang budaya, seni, dan sastra.

Saat heboh virus corona di Negeri Tirai Bambu saat ini, La Culleq pun mengaku ‘agak malas’ nyinyir lagi. Kata Dia, semua sudah disinggung dalam bukunya itu.

“Agak malas bahas virus corona. Semua jenis “nyinyir” sudah saya letakkan dalam buku Republik Temu-Lawak. Salah satunya ada esai khusus yang membahas strategi perang asimetris dan perang hybrida RRC,” tulis seniman dan penulis asal Bulukumba tersebut.

Lebih 300-an esai yang ditulis Alfian Nawawi dalam rentang tahun 2017-2019 tersebar di media cetak, online, dan media sosial. Namun hanya 70 esai pilihan yang dimuat ke dalam buku ini.

Untuk bukunya kali ini, Alfian mempercayakan penerbitan dan penjualannya kepada J-Maestro, sebuah perusahaan penerbitan di Bandung.