Hebat, Kripik Bachiss Pinrang Mendunia

oleh

PINRANG – Satu lagi cemilan kreasi warga Pinrang yang sedang viral. Namanya Kripik Bachiss, cemilan yang diproduksi tradisional namun dengan kemasan modern.

Kriping pisang ini pun laris manis hingga ke manca negara. “Alhamdulillah yang pesan sudah ada ke Perancis,” kata Reza Alamsyah, owner Kripik Bachiss, saat ditemui Senin 27 Januari 2020. Kripik Bachiss diproduksi sendiri bersama istrinya di perumahan miliknya.

Berkat keuletan promosi, kripik Bachiss salah satu cemilan yang kekinian di Kabupaten Pinrang. Kripik Bachiss juga banyak beredar di Makassar, Maros, Takalar hingga Papua dan Surabaya.

“Kami juga pasarkan di beberapa outlet seperti Sasil di Maros,” ungkapnya. Produk Bachiss juga mendapat dukungan pemerintah, Kadin dan HIPMI Pinrang.

“Kita dukung kreativitas pelaku UKM. Kita salut dengan kripik Bachiss Pinrang,” kata Rahmat Latief Bialangi (RLB), Ketua HIPMI Pinrang.

Hal senada dikatakan Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Pinrang, H Mustam Manawi. “Kita akan dorong (Kripik Bachiss) agar lebih berkembang. Ini produk lokal yang potensial,” paparnya.

Reza pun mengapresiasi dukungan semua pihak, khususnya KADIN dan HIPMI. “Kami berterima kasih, kunjungan ke rumah produksi kami sudah luar biasa. Kami semakin optimis,” kata alumnus Fakultas Hukum Unhas itu.

Kripik Bachiss berawal dari sekedar coba-coba membuat kripik oleh istri Reza tahun 2016 lalu. “Ternyata enak dan saya kasi coba ke teman-teman. Banyak yang suka. Nah dari situ mulai terpikir untuk menjual dan mengupgrade terus kemasaannya dari tahun ke tahun,” cerita Reza.

Soal nama asal Bavhiss, kata Reza, hanya singkatan. “Bachiss singkatan dari Banana Chips. Karenan banana chips sudah banyak maka solusi agar beda dan tidak sama kami pakai BACHISS,” tutup Reza.

Sumber: EMJHE.COM