‘Loka-loka’ Sidrap jadi Cemilan Peserta Mubes IKM-ISA di Makassar

oleh

MAKASSAR – Cemilan khas Sidrap, ‘Loka-loka’ turut ambil bagian di meja peserta musyawarah besar (Mubes) ke VII, Ikatan Kekerabatan Masyarakat (IKM) dan Ikatan Sarjana Asal (ISA) Kabupaten Sidrap. Pada acara pembukaan di Hotel Remcy Panakukang Makassar, Sabtu (25/1/2020), kue yang familiar dengan nama dempo pisang itu pun dinikmati peserta.

BACA JUGA:  Tak Dihapus, BPJS Gratis di Sidrap Khusus Warga Miskin

Tampak Anggota Legislator DPRD Sulsel asal Sidrap, Zulkifli Zain, Sekda Sidrap Sudirman Bungi dan Kadis Kominfo, H Kandacong Mappile. “Ini enak, semoga tetap menjaga rasanya dan dikembangkan,” harap Zulkifli Zain.

Loka-loka merupakan oleh-oleh khas Sidrap dari pisang yang dikembangkan pemuda asal Rappang, Sidrap. Dempo pisang sendiri adalah cemilan turun temurung di suku bugis.

BACA JUGA:  Pulkam, Warganet Harap Abi KDI Promosikan Wisata Danau Sidenreng

Buah pisang yang sudah masak disisir tipis lalu dijemur atau dikeringkan. Setelah dijemur, dempo siap untuk digoreng.

Atau biasanya disimpan di tempat terbuka karena dapat bertahan lama sebelum digoreng. “Alhamdulillah Loka-loka kita kemas lebih modern. Semoga bisa jadi oleh-oleh khas dari Sidrap,” papar Amir, owner Loka-loka.

BACA JUGA:  Pemkab Sidrap Optimalkan Sosialisasi Pajak Restoran dan Retribusi Daerah

Pada Mubes itu terpilih Prof. H. Andi Alimuddin Unde, M.Si sebagai ketua IKM Sidrap dan Ir. H. Mahmud La Kaiya, M.SP, MM sebagai ketua ISA Sidrap periode 2020-2025.