Akibat Virus Corona, Kota Wuhan China Mirip Zombieland

oleh

WUHAN – Tak bisa dibayangkan kengerian yang dialami penduduk di Kota Wuhan, ibukota dari Provinsi Hubei. Bak kota zombie atau zombieland di film-film, warga harus mengurung diri di dalam rumah.

Mereka harus menghindari orang-orang agar tidak terjangkit virus corona jenis baru berkode 2019-nCov itu. Jalan-jalan pun tampak sepi, bak kota mati tanpa aktivitas serius atau santai sebagaimana biasanya.

BACA JUGA:  Hasil Top 12 Grup 3: Eva NTB Tersenggol, Top 9 LIDA Dihentikan

Jika pun terdesak, mereka harus memakai masker tebal saat ke luar rumah. Pemerintah setempat sudah melarang semua jenis transportasi di kota Wuhan, baik darat, laut, maupun udara.

Larangan juga dikeluarkan daerah tetangga Wuhan, seperti kota Huanggang dan Ezhou. Stasiun dan bandara terpaksa ditutup. Semua jadwal kereta dan penerbangan dibatalkan. Bus umum dan MRT tidak beroperasi. Hanya kendaraan pribadi itu pun jarang terlihat.

BACA JUGA:  Update Corona di Indonesia: 32 Meninggal Dunia, 369 Positif

Pada hari ke-24 sejak otoritas Cina mengeluarkan peringatan bahaya wabah virus korona di Wuhan 31 Desember silam, kini sudah 13 kota dan 41 juta penduduk ditempatkan di bawah karantina massal. Terdata 26 orang meninggal dunia, dan lebih dari 800 pasien masih dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA:  Rujukan COVID-19, RSUD Parepare Tak Gratis Bagi Pasien Luar

Di pinggir kota Wuhan, otoritas kesehatan membangun rumah sakit darurat berkapasitas 1.000 tempat tidur. Alat-alat berat, termasuk 35 ekskavator dan 10 buldoser, dilaporkan tiba di lokasi pada Kamis (23/2) malam. Selambatnya pada Senin pekan depan rumah sakit tersebut sudah harus siap beroperasi, lapor Reuters.

China saat ini siaga menghadapi wabah corona. Bahkan. Pemerintah membatalkan semua perayaan Imlek.