Video Detik-detik Rudal Iran Tembak Jatuh Pesawat Sipil Ukrania

oleh

Kantor berita Guardian News merilis video detik-detik saat rudal menembak jatuh pesawat penumpang Ukrania. Video saat rudal meluncur diunggah oleh akun Guardian News di akun Youtube, Jumat 10 Januari 2020.

Kejadian tersebut pada malam hari. Terlihat titik cahaya meluncur ke udara mendekati pesawat yang ditandai dengan cahaya.

Ledakan pun terjadi ketika cahaya bertemu, diduga kuat hantaman rudal pada pesawat. Diketahui Pesawat penumpang Ukraina tersebut jatuh pada Rabu (8/1), beberapa jam setelah Iran melancarkan serangan rudal balistik ke dua pangkalan militer yang menjadi markas pasukan Amerika Serikat di Irak.

Serangan rudal itu sebagai aksi balas dendam atas tewasnya jenderal Iran, Qassem Soleimani dalam serangan drone AS di Baghdad, Irak.

Kini militer Iran permohonan maaf atas kekeliruan. Militer Iran menyatakan bahwa pesawat sipil Ukraina dikira aebagai “target musuh” setelah pesawat itu mengarah menuju “pusat militer sensitif” Garda Revolusi.

Disebutkan saat tersebut, militer Iran dalam “kesiapan level tertinggi” di tengah meningkatnya ketegangan dengan AS.

“Dalam kondisi seperti itu, dikarenakan kesalahan manusia dan dalam cara yang tak disengaja, penerbangan itu ditembak,” demikian statemen militer Iran yang dirilis media pemerintah Iran dan dilansir Associated Press, Sabtu (11/1/2020),

Militer Iran pun meminta maaf atas musibah itu dan menyatakan akan memperbaiki sistemnya untuk mencegah terulangnya kesalahan serupa di masa mendatang. Video di sini.