Jelang Pilkada, Askar HL Dukung Bupati Bulukumba Warning ASN

oleh

BULUKUMBA – Bakal calon Bupati Bulukumba, Haji Askar HL, menyambut baik himbauan Bupati AM Sukri Sappewali terkait netralitas ASN pada Pilkada serentak 2020. Ketua DPC PPP Bulukumba itu menilai warning tersebut memberi dampak positif pada situasi jelang tahun politik.

“Saya sangat mengapresiasi itikad Pemkab dalam hal ini Bupati. Semoga para PNS tetap menjaga netralitas,” kata balon bupati berjargon Andalanta tersebut, Minggu 30 Desember 2019 . Dia mengatakan, netralitas ASN terkait profesional dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

“Kita harap begitu, mereka (ASN) profesional dalam tahun politik,” katanya. Kata Askar lagi, wakil rakyat di Fraksi PPP akan selalu mendukung kebijakan positif di pemerintahan Andi Sukri Sappewali.

“Warning ini kan baik untuk Bulukumba. Selama ini Fraksi PPP juga menjadi mitra bagi pemerintahan Andi Sukri Sappewali, kalau baik kami dukung,” tutupnya.

Sebelumnya, Bupati AM Sukri Sappewali mengeluarkan warning agar ASN di lingkup kabupaten Bulukumba menjaga netralitad di Pilkada 2020.

Ia meminta ASN untuk tidak terlibat secara langsung menjadi tim sukses pada pilkada. Lebih jauh Sukri mengingatkan bahwa Kemenpan RB sangat tegas memberikan sanksi kepada ASN yang terbukti.

Sukri menegaskan bahwa keputusan pelanggaran netralitas ASN di Pilkada 2020 bukan lagi kewenangan Bupati. Namun keputusan ASN itu netral atau tidak netral ditentukan oleh Komisi ASN.

“Nanti ditemtukan Komisi ASN, yang kemudian dilanjutkan ke Kemendagri. Bupati hanya melaksanakan keputusan tersebut, apakah dipecat atau dihukum berat,ā€¯tegasnya pada upacara rutin terakhir yang dilaksanakan jajaran Pemerintah Kabupaten Bulukumba pada tahun 2019.

Jelang pendaftaran bakal calon awal tahun 2020, situasi politik di Bulukumba mulai memanas. Saling mendukung hingga perdebatan panas menghiasi forum-forum diskusi di dunia maya.