Ahli Bedah Saraf Wilder Penfield jadi Doodle Google

oleh

JAKARTA – Situs Google kembali menayangkan profil tokoh terkemuka di halaman depannya. Kali ini yang muncul menjadi doodle Jumat 26 Januari 2018 adalah Wilder Penfield.

Dia adalah ahli bedah saraf kelahiran Spokane, Washington, Amerika. Pada halaman doodle Google, Penfield pernah disebut sebagai “orang Kanada yang paling hebat”. Dia membawa kemajuan menakjubkan dalam teknik memetakan dan operasi otak untuk mengobati epilepsi. Penfield percaya bahwa mempelajari obat adalah “cara terbaik untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik:.

Wilder Penfield kemudian menjadi ahli bedah saraf pertama di Montreal dan mendirikan Montreal Neurological Institute pada tahun 1934. Pada tahun 1950, ia bereksperimen dengan menggunakan probe listrik untuk mengobati aktivitas kejang di otak. Operasi ini, yang disebut Montreal Prosedur, menyebabkan penemuan yang lebih besar: merangsang beberapa bagian fisik otak dapat membangkitkan ingatan. Seperti bau roti bakar yang digambarkan dalam Doodle hari ini.

Kontribusi Wilder Penfield terhadap neuroscience modern meningkatkan status Kanada dalam perawatan kesehatan global, sains, dan penemuan. Inovasinya menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi orang-orang yang menderita epilepsi.

Di tahun-tahun berikutnya, Wilder Penfield menjadi seorang penulis dan juara pendidikan universitas. Dia dianugerahi Medali Lister untuk ilmu bedah dan dilantik ke dalam Canadian Medical Hall of Fame. Dia juga menjadi ikon budaya saat novel Philip Dick, Do Androids Dream of Electric Sheep ?. Selamat ulang tahun ke 127, Wilder Penfield!