Sukses jadi Penulis, Virginia Woolf Malah Tewas Bunuh Diri

oleh

LONDON – Kesuksesan bukanlah jaminan kehidupan akan bahagia hingga akhir hayat. Seperti dialami oleh tokoh perempuan yang sukses sebagai penulis modern, Virginia Woolf.

Dia ditemukan tewas bunuh diri karena diduga tekanan jiwa atau depresi. Padahal karena karya besarnya, dia terkenal sebagai penulis hebat dan dikagumi di Inggris. Sayangnya kabar buruk untuk penggemarnya setelah dikabarkan meninggal dunia secara tragis melalui bunuh diri.

“Wanita itu mengenakan mantel dimana kantongnya berisi batu, lalu keluar ke arah Sungai Ouse yang berada dekat rumahnya. Ia menenggelamkan diri,” demikian sepenggal pemberitaan pada koran di Inggris pada Maret 1941 tentang Woolf yang bunuh diri.

Woolf diduga depresi tingkat tinggi. Dia baru diketahui bunuh diri setelah hampir 3 pekan dilaporkan menghilang. Jasadnya ditemukan 19 April 1941 di dekat jembatan di London.

Hari ini Google mendedikasikan doodle untuk penulis novel tersebut. Dia juga dikenal sebagai eseis dan cerpenis. Kehebatan Novelnya diakui seantero dunia seperti novel Mrs Dalloway, To the Lighthouse, Orlando, dan esainya A Room of One’s Own.

Karyanya dinilai bernilai sastra yang tinggi dan dia juga dianggap sebagai pengembang sastra modern.