Mengenal Taman Nasional Lorentz, Terbesar di Asean

oleh

JAKARTA – Taman Nasional Lorentz berada pada wilayah provinsi Papua, Indonesia. Hari ini Rabu 4 Desember 2019 menjadi tema Google Doodle.

Dilansir dari situs Wikipedia, luas wilayah Taman Nasional Lorentz mencapai 2,4 juta Ha. Dengan luas itu, maka Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

Untuk mencapai lokasi dapat dijangkau lewat dari kota Timika ke bagian Utara kawasan menggunakan penerbangan perintis. Atau ke bagian Selatan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Sawa Erma, dilanjutkan dengan jalan setapak ke beberapa lokasi.

Dari kota Wamena ke bagian selatan kawasan menggunakan kendaraan mobil menuju Danau Habema, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Puncak Trikora

Taman ini masih belum dipetakan, dijelajahi dan banyak terdapat tanaman asli, hewan dan budaya. Pada 1999 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Wilayahnya juga terdapat persediaan mineral, dan operasi pertambangan berskala besar juga aktif di sekitar taman nasional ini. Ada juga Proyek Konservasi Taman Nasional Lorentz yang terdiri dari sebuah inisiatif masyarakat untuk konservasi komunal dan ekologi warisan yang berada di sekitar Taman Nasional Loretz ini.

Dari tahun 2003 hingga kini, WWF-Indonesia Region Sahul Papua sedang melakukan pemetaan wilayah adat dalam kawasan Taman Nasional Lorentz. Tahun 2003- 2006, WWF telah melakukan pemetaan di Wilayah Taman Nasional Lorentz yang berada di Distrik (Kecamatan) Kurima Kabupaten Yahukimo, dan Tahun 2006-2007 ini pemetaan dilakukan di Distrik Sawaerma Kabupaten Asmat.