Tim Penilai Adipura Sisir Titik Pantau di Sidrap

oleh

SIDRAP – Tim penilai Adipura tahun 2019 mengunjungi sejumlah titik pantau di Kota Pangkajene Kabupaten Sidrap, Ahad (24/11/2019).

Penyisiran titik pantau diawali di Pasar Pangkajene berlanjut ke terminal, sejumlah ruas jalan, hutan kota, taman-taman kota dan saluran irigasi.

Mereka juga menyambangi TPA Patommo, Masjid Agung, TPST Majjelling, pemukiman Majjelling, TPST Lakessi dan beberapa titik lainnya.

Selama kunjungan, tim didampingi Kadis Pera, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Sidrap, Hj Aryani Tajuddin dan jajarannya.

Terpantau, tim penilai sangat teliti dan menanyakan secara detail aspek-aspek terkait titik pantau.

Di Pasar Pangkajene misalnya, tim yang dipimpin Heni dari Kementerian Lingkungan Hidup itu memperhatikan keranjang sampah setiap los pedagang.

Mereka juga menanyakan rincian proses pengomposan dan distribusinya, serta memeriksa pembukuan dan rata-rata pemasukan Bank Sampah di pasar itu.

Saat penilaian di Pasar Pangkajene, tampak Plt Kadis Perdagangan Sidrap, H Amir A Wali turut mendampingi penilai menyasar seluruh sudut pasar.

Hj Aryani Tajuddin mengungkap, ada yang berbeda dari penilaian tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Penilaian lebih mendetail karena mereka ingin melihat persentase pengurangan sampah dengan adanya kebijakan pemerintah, seperti penggunaan tumbler dan sebagainya,” papar Aryani.

Rencananya, peninjauan akan berlanjut Senin (25/11/2019) ke lokasi perkantoran, sekolah-sekolah, rumah sakit dan puskesmas.