Pemkab Sidrap Gelar Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2019

oleh

SIDRAP – Pemerintah Kabupaten Sidrap menyelenggarakan Deklarasi Damai sebagai wujud komitmen bersama menuukseskan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, 26 November 2019.

Deklarasi Damai dilaksanakan di Baruga Kompleks SKPD Sidrap, Jum’at (22/11/2019). Sebanyak 132 calon kades dari 38 desa di 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sidrap hadir dalam kegiatan.

Pelaksanaan Deklarasi Damai dipimpin langsung Bupati Sidrap, H Dollah Mando didampingi Sekda Sidrap, Sudirman Bungi.

Turut hadir, Dandim 1420 Letkol Inf J.P. Situmorang, Kapolres Sidrap AKBP Budi Wahyono, Kejari Sidrap Djasmaniar, Kadis Pemdes PPA Sidrap Andi Patahangi Nurdin, serta para kapolsek, koramil, camat dan panitia pilkades.

Bupati Sidrap dalam sambutannya menyampaikan, pemilihan kepala desa adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih kepala desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, serta jujur dan adil.

“Ini bertujuan untuk menghasilkan kepala desa terpilih berkualitas dan sesuai harapan masyarakat yang hendak dicapai untuk enam tahun pemerintahan desa ke depan,” ujar Dollah.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan, Pilkades mempunyai potensi gangguan keamanan yang tinggi.

“Oleh karena itu, diminta agar seluruh calon kades berkomitmen menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah selama tahapan pilkades serentak berlangsung, junjung tinggi sportivitas berdemokrasi, serta hindari tindakan-tindakan curang selama pemilihan,” pesan Dollah.

Ia berharap, nantinya para calon kepala desa terpilih maupun tidak terpilih, bisa menerima sehingga tidak ada gejolak setelahnya.

“Siapkan mental kalian, Kita tentunya menginginkan yang terbaik, tentu yang terpilih nanti sudah pilihan terbaik dari warga, dan yang belum terpilih, jangan berkecil hati, yakinkan diri anda bahwa itu sudah ketentuan Allah,” sambung Dollah.

Dollah juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar tidak tergoda dengan politik uang ataupun jenis suap lainnya

“Gunakan hak pilih anda dengan hati nurani, pilihlah calon yang memiliki kepabilitas yang dapat membawa desa menuju kearah yang lebih baik” harapnya.

Usai membacakan sambutan dilanjutkan pembacaan pernyataan sikap deklarasi damai, kemudian dilanjutkan penandatanganan fakta integritas yang disaksikan oleh camat, kapolsek, koramil serta ketua panitia pilkades.

Setelah acara deklarasi damai pilkades serentak selesai, acara dilanjutkan dengan kegiatan simulasi pemilihan pilkades.