Putra Terbaik Sidrap, Sudirman Haseng Diangkat jadi Dubes Kamboja

oleh

JAKARTA – Sepak terjang putra terbaik Sidrap, Sulsel, Sudirman Haseng, di dunia diplomat memang patut diacungi jempol. Sudirman Haseng bersma 16 pejabat lain kembali dipercaya dan diangkat menjadi Duta Besar (Dubes) oleh pemerintah.

Sudirman Haseng dilantik menjadi dubes Indonesia untuk Kamboja oleh Presiden Joko Widodo. Memang, kiprah Sudirman Haseng dalam jabatan serupa bukan hal baru. Tahun 2010-2014, pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga mendapat amanah sama.

Bahkan saat itu jabatan Dubes Sudirman Haseng merangkap untuk Republik Nigeria, Republik Kamerun dan Togo. Jabatan terakhir Sudirman Haseng sebelum tugas baru di Kamboja adalah Sekretaris Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri.

Sebelum lolos sebagai Dubes Kamboja, Dia dinyatakan lulus dalam fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi I DPR RI untuk Dubes. Sudirman adalah salah satu putra terbaik Sulsel yang berasal di Desa Tanete, Kecamatan Maritengngae, Sidrap.