Nomor Urut Capres 2019: Jokowi-Ma’ruf 1, Prabowo-Sandi 2

oleh
Contoh surat suara pada Pilpres 2019 dengan nomor urut. Ilustrasi

JAKARTA – Akhirnya hasil pencabutan nomor urut peserta Pilpres 2019 telah dilakukan. Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) mendapat nomor urut 1 (satu).

Rivalnya, pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) mendapat nomor urut 2 di Pilpres 2019 tahun depan. Pencabutan nomor urut digelar baru saja di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (21/9/2019). Nomor urut ini akan digunakan pada surat suara di Pilpres 2019.

Sejumlah warganet langsung menanggapi hasil pencabutan nomor urut itu. “PAS NOMOR 2 Presidenku, yang baru #2019GantiKosong1,” tulis Arfandi, salah seorang netizen pendukung Prabowo-Sandi di status akun WA.

Pendukung Jokowi-Ma’ruf turut senang dengan nomor urut 1. “Alahamdulillah Jokowi-Ma’ruf nomor satu, untuk dua periode,” tulis Mawan di WA. Hasil pencabutan nomor urut ramai diunggah lewat status di sosial media beberapa saat setelah ditentukan.

Jokowi-Ma’ruf didukung sembilan parpol yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kemudian Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

Sedangkan Prabowo-Sandi didukung oleh lima parpol. Yakni, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Berkarya, dan Partai Demokrat

Loading...