Metro  

Hari Pahlawan, Dandim 1420 Sidrap Ajak Masyarakat Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

BERITASIDRAP.COM – Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2023 diperingati dengan penuh khidmat di Lapangan SKPD Sidrap. Upacara yang berlangsung tepat pada pukul 08.00 Wita ini dipimpin langsung oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro SE.M.I.Pol

Tema upacara tahun ini adalah “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, sebagai inspektur upacara, bersama dengan Kapten Czi Benny Gunawan sebagai komandan upacara, Kapten Arh Ridwan .B sebagai perwira upacara, dan Pelda Kasruddin sebagai pembawa acara, memimpin jalannya upacara dengan penuh hikmat.

Baca Juga:   Kunjungan ke Sidrap, Pj Gubernur Sulsel Harap Lahan Kosong Ditanami Pisang

Upacara yang dihadiri oleh berbagai tokoh penting di Sidrap ini juga diisi dengan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Darsiana Darwal S.Tr.IP dari Staf BKPSDM, pembacaan pesan-pesan pahlawan oleh Ketua Veteran Kabupaten Sidrap, Usman, dan pembacaan doa oleh Arwan S.Ag M.pd dari Kemeneg Kabupaten Sidrap.

Bupati Sidrap, Ir.H. Dolla Mando, mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai Hari Pahlawan sebagai momentum memerangi kemiskinan dan kebodohan. Beliau menegaskan bahwa semangat para pahlawan harus menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengolah kekayaan alam dan potensi penduduk Indonesia demi kejayaan bangsa dan negara.

Upacara ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari anggota TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Kemeneg Kabupaten Sidrap, Pramuka, pelajar SLTA dan SLTP, ASN SKPD Kabupaten Sidrap, hingga mahasiswa dari Universitas Iksan dan Universitas Hasanuddin Kabupaten Sidrap.

Baca Juga:   Puluhan Siswa SMKN 1 Sidrap Ikuti Latihan Pramuka di Koramil 1420-03 Maritengngae

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan penerimaan cenderamata oleh Veteran Kabupaten Sidrap dari pemerintah daerah dan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah (NPHB) antara pemerintah kabupaten Sidrap, Ketua KPU, dan Ketua Bawaslu kabupaten Sidrap.

Dengan berakhirnya upacara ini, semangat pahlawan yang menginspirasi masyarakat untuk memerangi kemiskinan dan kebodohan diharapkan terus menyala dalam hati setiap warga Sidrap.