Metro  

BPPW Sulsel Gelar Diseminasi Informasi Optimalkan Kinerja TPS 3R di Sidrap

BERITASIDRAP.COM – Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan menggelar diseminasi informasi gerakan operasionalisasi TPS 3R tahun 2023 di Ruang Rapat Pimpinan Lt. III Kantor Bupati Sidrap, Jumat (3/11/2023)

Hadir dalam acara ini, Asisten Administrasi Umum, Nasruddin Waris, Sekretaris Kominfo Sidrap, Hj. Asmawati Piarah, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya, Parasang, dan Perwakilan BPPW Sulsel, Arman.

Kegiatan ini diikuti para ketua TPS 3R dan jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sidrap dan undangan lainnya.

Diseminasi ini sekaitan pelaksanaan pendampingan operasionalisasi TPS 3R Lakessi Bersahaja (Bersih Sehat Aman Harmonis dan Berjati diri) di Kelurahan Lakessi, Kabupaten Sidrap oleh BPPW Sulawesi Selatan.

Nasruddin Waris mewakili Bupati Sidrap dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BPPW Sulawesi Selatan dalam pelaksanaan kegiatan gerakan operasionalisasi TPS 3R.

Baca Juga:   9 Personel Kodim 1420 Sidrap Naik Pangkat Setingkat Lebih Tinggi

Dengan adanya gerakan operasionalisasi TPS 3R ini diharapkan kinerja pada TPS 3R yang ada di Kabupaten Sidrap dapat lebih optimal.

“Melalui kegiatan inilah kita akan rundingkan dan diskusikan bersama untuk memaksimalkan kinerja dan pengoptimalan seluruh TPS 3R,” sebutnya.

Sementara, Arman dalam pemaparannya menjelaskan, BPPW Sulsel Ditjen Cipta Karya melaksanakan kegiatan fungsionalisasi TPS 3R/Bank Sampah untuk mendukung sistem pengelolaan sampah di daerah.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan meliputi tahapan kegiatan pengumpulan sampah, mengelola sampah.

Kemudian menyalurkan produk dari TPS 3R ke offtaker, dan mengangkut residu pengelolaan dari TPS 3R ke TPA sampah.

Baca Juga:   Catatan Rekomendasi LKPJ Kepala Daerah Tahun 2023 Diserahkan DPRD

“Kami juga melakukan sosialisasi sistem pengelolaan sampah yang benar pada masyarakat serta meningkatkan kinerja operasi TPS 3R serta Bank Sampah dan mendukung kinerja sistem pengelolaan sampah di daerah,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihak BPPW Sulsel juga memaparkan peningkatan kinerja TPS 3R Lakessi Bersahaja, permasalahan, isu strategi, rekomendasi hingga SOP manajemen pengelolaan sarana dan prasarana TPS 3R.

Usai pemaparan, acara kemudian dilanjutkan diskusi bersama.

Sebagai informasi, gerakan operasionalisasi TPS 3R ini dilaksanakan Kementrian PUPR melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sulsel ini dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia yang bertemakan “Resilent Urban Economies Cities as Drivers of Growth an Recovery”.

Baca Juga:   Pj. Bupati Didampingi Wakapolres Sidrap Cek Harga Sembako Pasar Tradisional