Metro  

Bansos RST Bawa Kebahagiaan bagi Nurhaya, Warga Baranti Sidrap

BERITASIDRAP.COM – Jumat (20/10/2023) merupakan hari bersejarah dalam perjalanan hidup Nurhaya, warga Kelurahan Benteng, Kecamatan Baranti, Kabupaten Sidrap.

Berapa tidak, di hari itu Nurhaya mendapatkan bantuan rumah layak huni. Rona kebahagian dan haru pun terlihat mendalam di wajahnya.

Bantuan pembangunan rumah yang diterima Nurhaya adalah buah program Bantuan Sosial Rumah Sejahtera Terpadu (Bansos RST) Kementerian Sosial RI.

Pembangunan rumah tersebut tak lepas dari koordinasi dan kerja sama yang baik Pemkab Sidrap melalui Dinas Sosial dengan Sentra Gau Mabaji Kementerian Sosial.

Adapun penyerahan rumah dihadiri Sekretaris Dinas Sosial Sidrap, Hj. Nurhidayah, Kabid Penanganan Fakir Miskin dan Rehabilitasi Sosial, Muhammad, serta sejumlah pekerja sosial.

Baca Juga:   115 Polisi dan ASN Polda Sulsel Memasuki Masa Purna Bhakti

Tampak pula, Camat Baranti, Bustaman, PIC Sentra Gau Mabaji wilayah Sudrap, Andi Ma’rifah, serta Lurah Benteng.

Sekretaris Dinas Sosial Sidrap menjelaskan pentingnya program RST dalam memastikan kehidupan yang lebih layak bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Bansos RST ini merupakan salah satu upaya penanggulangan kemiskinan dalam bentuk penyediaan akses pelayanan rumah bagi fakir miskin,” ujar Nurhidayah.

Sementara Nurhaya tak mampu menyembunyikan rasa terima kasih dan kebahagiaannya.

“Alhamdulillah, Kami sangat berterima kasih kepada Kemensos, Pemkab Sidrap, dan seluruh pihak yang terlibat atas bantuan rumah ini. Akhirnya, Kami memiliki rumah yang layak,” tuturnya.

Baca Juga:   Ibu Kota Kabupaten Sidrap Pertahankan Piala Adipura 2023

Untuk diketahui, bansos RST merupakan kelanjutan dari program sebelumnya berupa Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS Rutilahu).

Program tersebut dilaksanakan Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial. ***