Helena Taruna Akpol Raih Juara Kompetisi Esai Internasional

- Editor

Jumat, 15 Desember 2023 - 10:56 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta, Beritasidrap.com – Brigadir Taruna Akpol Helena Fiorentina meraih juara dalam kompetisi esai The 10th session of the UNCAC Conference of the States Parties (CoSP10) di USA pada 11-15 Desember 2023.

Brigadir Taruna Helena Fiorentina merupakan satu-satunya taruna Indonesia pada kegiatan tersebut yang menegaskan peran anak muda melawan aksi korupsi. Dia juga memaparkan bagaimana orang dewasa bahkan penegak hukum dapat mendukung anak muda dengan memberikan ruang atau kesempatan yang aman bagi anak muda untuk menyuarakan aspirasinya.

Annika Whytes selaku Penasihat Anti-Korupsi Regional Asia Tenggara dan Pasifik UNODC berharap, anak-anak muda di seluruh dunia akan terinspirasi oleh para taruna Akpol seperti Helena. Dalam kompetisi ini, anak-anak muda sudah memperhatikan fenomena korupsi yang terjadi bahkan berani menyatakan dengan tegas untuk bersama melawan korupsi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Tak luput peran serta taruna di masa depan yang akan menjadi pemimpin bangsa yang tentu kan menjadi figur bagi orang lain di lingkungannya,” ungkapnya, Kamis (14/12/23).

Helena menjadi juara satu dalam kompetisi esai tersebut. Selain dia, tiga juara lainnya, yakni Taruna akademi kepolisian Vietnam, Le Thi Cam Van, Taruna akademi kepolisian Thailand, Jiramet Sungkeetanon, dan Taruna akademi kepolisian Filipina, Marc Joseph L. Vitto.

Baca Juga:   Polres Sidrap Kerahkan Ratusan Personel Pengamanan Natal dan Tahun Baru

United Nations Convention Against Corruption di Atlanta, USA tersebut merupakan kompetisi esai yang melibatkan taruna dari Southeast Asian countries. Kompetisi esai ini membahas tentang masalah korupsi di Indonesia dan bagaimana cara memitigasinya. Para peserta terdiri dari perwakilan Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Dalam kompetisi tersebut, Brigadir Taruna Helena mengambil tema tentang masalah-masalah korupsi yang krusial yang terjadi di Indonesia, dampaknya bagi masyarakat Indonesia, dan apa yang kita bisa lakukan sebagai Taruna Akademi Kepolisian untuk mencegah adanya korupsi di Indonesia.

“Motivasi saya dalam mengikuti lomba ini adalah saya ingin meningkatkan kemampuan saya dalam berbahasa Inggris,” jelasnya.

Menurut Brigadir Taruna Helena, dirinya juga menjadi salah satu pembicara di acara Youth Changemaker Event yang akan diadakan di Atlanta. Sebuah prestasi itu diharapkan juga dapat mendukung Akpol menuju World Class Police Academy.

Baca Juga:   Di Pasar Beringharjo Yogyakarta, TP2DD Sidrap Belajar Pengelolaan Retribusi dan Transaksi Nontunai

Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Sandi Nugroho menambahkan, prestasi Brigadir Taruna Helena tersebut mengharumkan nama Korps Bhayangkara dan Indonesia. Hal itu diharapkan dapat dicontoh oleh Taruna Akpol dan anggota Polri lainnya.

“Sebagaimana arahan Bapak Kapolri bahwa seluruh jajaran harus semakin meningkatkan kualitas dan berinovasi untuk mengembangkan bakat serta potensi, bahkan mengharumkan nama institusi dan bangsa Indonesia,” ungkap Kadiv Humas.

Menurut Kadiv Humas, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit pun telah berpesan bahwa institusi akan memberikan penghargaan yang setimpal bagi Taruna Akpol dan anggota Polri yang berprestasi. Dengan demikian, semua akan termotivasi untuk berlomba-lomba mencetak prestasi.

Sebagaimana diketahui, Jenderal Sigit selalu memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada Taruna Akpol dan seluruh personel Polri yang telah meraih prestasi.

Baca Juga:   IRT Mencuri Emas di Pasar Tanru Tedong Sidrap Berurusan dengan Polisi

“Tentunya Polri dan saya selaku Kapolri mewakili institusi memberikan apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya kepada Taruna dan anggota yang telah berprestasi luar biasa,” ujar Jenderal Sigit.

Jenderal Sigit menekankan, torehan prestasi ini dapat menjadi contoh bagi seluruh personel kepolisian untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugasnya, baik dalam kedinasan maupun bidang-bidang lainnya di luar kedinasan.

“Tentunya kita terus mendorong agar rekan-rekan, khususnya yang ikut di dalam bidang Akademis dan olahraga atau bidang lainnya untuk terus berlatih. Dan kita intitusi akan memberikan ruang untuk itu. Sehingga mereka bisa betul-betul fokus dan termotivasi,” ujar Jenderal Sigit.

Berita Terkait

Penyambutan Hangat Kapolres Baru AKBP Dr. Fantry Taherong di Mapolres Sidrap
Hebat, Calon Bupati Sidrap H Mashur Mewakili Indonesia di Konvensi CITES 2024
Lepas Sambut Komandan Kodim 1420 Sidrap
Dilantik AKBP Dr Fantry Taherong Jabat Kapolres Sidrap
Pisah Sambut Pejabat Lama dan Pejabat Baru Dandim 1420 Sidrap Digelar Khidmat 
Les Bleus Prancis Tantang Spanyol di Semifinal Euro 2024
Jembatan Rusak Akibat Banjir, Satlantas Polres Sidrap Pengalihan Arus Lalin
Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 di Sidrap Berjalan Khidmat 

Berita Terkait

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:22 WITA

Penyambutan Hangat Kapolres Baru AKBP Dr. Fantry Taherong di Mapolres Sidrap

Kamis, 11 Juli 2024 - 19:36 WITA

Hebat, Calon Bupati Sidrap H Mashur Mewakili Indonesia di Konvensi CITES 2024

Selasa, 9 Juli 2024 - 15:39 WITA

Lepas Sambut Komandan Kodim 1420 Sidrap

Senin, 8 Juli 2024 - 13:59 WITA

Dilantik AKBP Dr Fantry Taherong Jabat Kapolres Sidrap

Minggu, 7 Juli 2024 - 01:04 WITA

Pisah Sambut Pejabat Lama dan Pejabat Baru Dandim 1420 Sidrap Digelar Khidmat 

Berita Terbaru

Sepakbola

Juara Copa America 2024, Argentina Hattrick Trofi Beruntun

Senin, 15 Jul 2024 - 13:41 WITA

Sepakbola

Inggris Gagal Lagi, Spanyol Angkat Tropy Euro 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 07:16 WITA