Maria Walanda Maramis jadi Tema Doodle Google

oleh

JAKARTA – Google kembali mengangkat tema sosok pahlawan nasional Indonesia di laman doodle hari ini Sabtu 1 Desember 2018. Dia adalah Maria Walanda Maramis, pahlawan nasional perempuan asal Sulawesi Utara.

Memang hari ini sangat bermakna bagi warga Sulut khususnya masyarakat Minahasa. Setiap tanggal 1 Desember, masyarakat Minahasa tak melupakan Hari Ibu Maria Walanda Maramisu. Dia merupakan sosok yang dianggap sebagai pendobrak adat, pejuang kemajuan dan emansipasi perempuan di dunia politik dan pendidikan.

Untuk mengenang jasanya, telah dibangun Patung Walanda Maramis yang terletak di Kelurahan Komo Luar, Kecamatan Wenang, sekitar 15 menit dari pusat kota Manado yang dapat ditempuh dengan angkutan darat. Di sana, pengunjung dapat mengenal sejarah perjuangan seorang wanita asal Bumi Nyiur Melambai ini.

Maria Walanda Maramis mempunyai nama asli Maria Josephine Catherine Maramis terlahir di desa kecil yang berada di Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawes Utara pada tanggal 1 Desember 1872 atau 146 tahun silam. Maria Walanda Maramis meninggal di Maumbi, Sulawesi Utara pada tanggal 22 April 1924 diusianya yang ke-51 tahun.

Maria Walanda Maramis adalah tokoh pahlawan wanita Indonesia sama seperti Cut Nyak Dhien, Cut Nyak Meutia, Dewi Sartika, dan Nyai Hj. SIti Walidah Ahmad Dahlan. Maria Walanda Maramis berusaha untuk mengembangkan keadaan wanita di awal abad ke-20 sama seperti yang dilakukan Raden Ajeng Kartini sehingga beliau disebut Raden Ajeng Kartini dari Minahasa.

Loading...