Tradisi dan Adat Yang Dilakukan di Berbagai Negara, dari Ngabuburit hingga Hias Masjid

- Editor

Jumat, 8 Maret 2024 - 21:17 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Anak muslim. Gambar oleh İbrahim Mücahit Yıldız dari Pixabay

Anak muslim. Gambar oleh İbrahim Mücahit Yıldız dari Pixabay

Jakarta, Beritasidrap.com – Kedatangan bulan Ramadan 2024 merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia.

Bulan suci ini menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk meningkatkan keimanan, mempererat tali silaturahmi, dan berbagi kebahagiaan dengan sesama.

Berbagai negara memiliki tradisi dan adat unik dalam menyambut dan merayakan bulan Ramadan. Berikut adalah beberapa tradisi dan adat yang dilakukan di berbagai negara:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Indonesia

Di Indonesia, bulan Ramadan disambut dengan penuh suka cita. Masyarakat berbondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan salat tarawih dan tadarus Al-Qur’an. Tradisi “ngabuburit” atau menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa juga menjadi hal yang lumrah.

Pada saat berbuka puasa, masyarakat biasanya berkumpul bersama keluarga atau teman untuk menikmati hidangan khas Ramadan, seperti kolak, es buah, dan gorengan.

Malaysia

Di Malaysia, bulan Ramadan dikenal dengan sebutan “Bulan Puasa”.

Masyarakat Malaysia sangat antusias dalam menyambut Ramadan dengan mempersiapkan berbagai hidangan khas, seperti rendang, ketupat, dan lemang. Tradisi “moreh” atau berbuka puasa bersama di masjid juga menjadi salah satu tradisi yang populer di Malaysia.

Baca Juga:   Kiat Berbelanja Hemat Dan Bijak Untuk Persiapan Ramadan 2024

Singapura

Di Singapura, Ramadan dikenal dengan sebutan “Ramadan Kareem”. Masyarakat Singapura memiliki tradisi unik dalam menyambut Ramadan, yaitu dengan menghias masjid dan rumah-rumah dengan lampu warna-warni.

Tradisi “iftar” atau berbuka puasa bersama juga menjadi hal yang umum dilakukan di Singapura.

Arab Saudi

Di Arab Saudi, bulan Ramadan disebut dengan “Shahr Ramadan”. Masyarakat Arab Saudi sangat menghormati bulan Ramadan dan menjalankan ibadah dengan penuh khusyuk.

Tradisi “iftar” bersama menjadi salah satu tradisi yang sangat penting di Arab Saudi. Pada saat berbuka puasa, masyarakat biasanya berkumpul di masjid atau rumah-rumah untuk menikmati hidangan khas Ramadan, seperti nasi kabsah, harees, dan samosa.

Baca Juga:   Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini 25 Maret 2024 di Sidrap

Mesir

Di Mesir, bulan Ramadan dikenal dengan sebutan “Ramadan Kareem”. Masyarakat Mesir sangat antusias dalam menyambut Ramadan dengan mempersiapkan berbagai hidangan khas, seperti koshary, ful medames, dan umm ali. Tradisi “fanous” atau lentera khas Ramadan juga menjadi salah satu simbol Ramadan di Mesir.

Turki

Di Turki, bulan Ramadan dikenal dengan sebutan “Ramazan Ayı”. Masyarakat Turki memiliki tradisi unik dalam menyambut Ramadan, yaitu dengan membunyikan meriam pada saat berbuka puasa. Tradisi “sahur” atau makan sahur bersama juga menjadi salah satu tradisi yang populer di Turki.

Maroko

Di Maroko, bulan Ramadan dikenal dengan sebutan “Ramadan Mubarak”. Masyarakat Maroko sangat menghormati bulan Ramadan dan menjalankan ibadah dengan penuh khusyuk.

Tradisi “iftar” bersama menjadi salah satu tradisi yang sangat penting di Maroko. Pada saat berbuka puasa, masyarakat biasanya berkumpul di masjid atau rumah-rumah untuk menikmati hidangan khas Ramadan, seperti harira, couscous, dan chebakia.

Baca Juga:   FTV Pintu Berkah Spesial Ramadan di Indosiar, Besok Jalan Taubat Preman Kampung

Pakistan

Di Pakistan, bulan Ramadan dikenal dengan sebutan “Ramazan-ul-Mubarak”. Masyarakat Pakistan sangat antusias dalam menyambut Ramadan dengan mempersiapkan berbagai hidangan khas, seperti biryani, nihari, dan haleem. Tradisi “iftar” bersama juga menjadi salah satu tradisi yang populer di Pakistan.

Bangladesh

Di Bangladesh, bulan Ramadan dikenal dengan sebutan “Roza”. Masyarakat Bangladesh sangat menghormati bulan Ramadan dan menjalankan ibadah dengan penuh khusyuk. Tradisi “iftar” bersama menjadi salah satu tradisi yang sangat penting di Bangladesh.

Pada saat berbuka puasa, masyarakat biasanya berkumpul di masjid atau rumah-rumah untuk menikmati hidangan khas Ramadan, seperti biriyani, khichuri, dan pitha.

India

Di India, bulan Ramadan dikenal dengan sebutan “Ramzan”. Masyarakat India memiliki tradisi unik dalam menyambut Ramadan, yaitu dengan menghias masjid dan rumah-rumah dengan lampu warna-warni. Tradisi “iftar” bersama juga menjadi salah satu tradisi yang populer di India.

Berita Terkait

Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri
Tetap Sehat dan Bugar di Hari Lebaran, Tips Menjaga Kondisi Fisik dan Mental
Menu Lebaran Ringkas dan Praktis, Resep Simpel untuk Momen Spesial
Kiat Sukses dalam Merencanakan Acara Silaturahmi di Hari Lebaran
Merajut Silaturahmi di Hari Lebaran, 10 Cara Kreatif Menyambut Tamu dan Kerabat
Lebaran Tanpa Ribet, Tips Mudah Memasak Menu Spesial untuk Lebaran Idul Fitri
Menu Lebaran Sederhana untuk Keluarga Bahagia, Resep Praktis dan Nikmat
Arti Taqabbalallahu minna wa minkum
Tag :

Berita Terkait

Rabu, 10 April 2024 - 04:17 WITA

Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri

Rabu, 10 April 2024 - 03:06 WITA

Tetap Sehat dan Bugar di Hari Lebaran, Tips Menjaga Kondisi Fisik dan Mental

Rabu, 10 April 2024 - 03:05 WITA

Menu Lebaran Ringkas dan Praktis, Resep Simpel untuk Momen Spesial

Rabu, 10 April 2024 - 03:00 WITA

Kiat Sukses dalam Merencanakan Acara Silaturahmi di Hari Lebaran

Rabu, 10 April 2024 - 02:55 WITA

Merajut Silaturahmi di Hari Lebaran, 10 Cara Kreatif Menyambut Tamu dan Kerabat

Berita Terbaru

Sepakbola

Juara Copa America 2024, Argentina Hattrick Trofi Beruntun

Senin, 15 Jul 2024 - 13:41 WITA

Sepakbola

Inggris Gagal Lagi, Spanyol Angkat Tropy Euro 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 07:16 WITA