Hasil Top 12 Da 6 Indosiar: Ina Situbondo, Yuda Pontianak dan Ammar Kotabaru Tersenggol

- Editor

Kamis, 8 Februari 2024 - 13:03 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ina Situbondo Tersenggol

Ina Situbondo Tersenggol

Jakarta, Beritasidrap.com – Top 12 Dangdut Academy 6 Indosiar telah meloloskan 6 peserta ke babak Top 8.

Sedangkan tiga kontestan harus tersenggol atau tereliminasi di Grup 1, 2 dan 3 Babak 12 Besar.

Terbaru, Ammar asal Kotabaru yang harus tersenggol di Top 12 Grup 3 tadi malam Rabu 7 Februari 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Group 1 tampil pada Senin malam lalu (5/6) yang mengharuskan Ina (Situbondo) berhenti dari panggung D’Academy 6 Top 12.

Sedangkan dua kontestan lain di Grup 1 berhasil melaju ke Top 8 yakni Eca Makassar dan Madhani Serdang Bedagai.

Tampil membuka kompetisi di Grup 1, Mahdani (Serdang Bedagai) yang berpasangan dengan Evi Masamba berhasil mendapatkan standing ovation dari Janita Janet, Soimah, Hetty Koes Hendang, dan Denada.

Lagu “Sudahlah” yang dibawakannya dengan memasukkan unsur rap sukses membuat Denada terpukau. Menurut Denada, penampilan Mahdani sebagai pembuka babak Top 12 sangat spektakuler.

“Saya perlu acungkan jempol kepada Mahdani dan Evi Masamba yang melakukan battle rap, ini menunjukkan kalau musik dangdut bisa di modifikasi menjadi sesuatu yang berbeda dan kalian berdua sudah berani keluar dari zona nyaman kalian” pungkas Denada.

Standing ovation dari keempat Juri juga diberikan untuk pertama kalinya atas penampilan Eca (Makassar) di panggung D’Academy 6 yang menyanyikan lagu “Doa Suci” bersama dr.Iqhbal dengan penuh penghayatan.

Penampilan Eca sukses membuat Soimah mengakui bahwa Eca memiliki vokal dan cengkok yang sangat terasa dangdutnya malam tadi. Roh dan penjiwaan yang dibawakan Eca dalam lagu dapat mengimbangi dr.Iqhbal.

Baca Juga:   Heboh, Toyota Hadji Kalla Jual Mobil Agya Seharga GCV 0,041599 Pi Network

“Malam ini merupakan penampilan terbaik kamu, makanya saya berdiri untuk memberikan standing ovation untuk kamu” puji Soimah.

Berbeda dengan Mahdani dan Eca, Ina (Situbundo) hanya mampu meraih 1 standing ovation dari Denada saat membawakan lagu “Sebujur Bangkai” bersama Hari Putra dengan manisnya.

Janita Janet menilai Ina yang terlihat cantik di atas panggung belum maksimal saat bernyanyi karena banyak nada sumbang serta ekspresi yang kurang terlihat pada saat harus membawakan lagu dengan sedih.

Senada dengan Janet, Soimah juga mengungkapkan Ina belum mampu memberikan gaya yang tepat sesuai dengan lagunya.

“Waktu bagian reff Ica masih kurang menggambarkan kesedihan yang mendalam malah Hari terlihat lebih maksimal malam ini.” ungkap Soimah.

Hasil perolehan akhir polling D’Academy 6 Konser Top 12 group 1 menempatkan Mahdani (Serdang Bedagai) di posisi teratas dengan poin 36,73% disusul Eca (Makassar) 32.66% dan di posisi akhir Ina (Situbondo) dengan 30.61 %,.

Dengan demikian Ina harus menghentikan langkahnya di panggung D’Academy 6.

Peserta Group 2 juga berusaha mempersembahkan penampilan terbaik mereka bersama para alumni D’Academy dan Liga Dangdut Indonesia untuk dapat melaju ke babak Top 8, tadi malam (7/2).

Owan (Boalemo) tampil berkolaborasi dengan Lady Rara, Maharani (Serang) tampil bersama Wulan Permata, dan Yuda (Pontianak) bersama Rani Zamala.

Kolaborasi pertama ditampilkan Maharani (Serang) bersama Wulan Permata dengan membawakan lagu berjudul “Kumpulan Dusta”.

Penampilan keduanya berhasil mendapat tiga standing ovation dari dewan juri. “Maharani ini bisa mengimbangi kakak kelasnya, Wulan.

Baca Juga:   Jelang Pilpres 2024, Shanna Shannon Rilis Single 'Doa Kami'

Kamu juga Wulan memberikan aura yang luar biasa untuk Maharani. Penampilan kalian berdua benar-benar menyatu, bersinergi, dan sejiwa,” puji Dewi Perssik sebagai salah satu dewan juri yang memberikan standing ovation.

Sementara, Soimah sebagai satu-satunya dewan juri yang tidak memberikan standing ovation mengungkapkan bahwa penampilan Maharani tidak semulus saat tampil di Top 16.

“Menurut saya, dari awal rall kamu tidak enak. Artikulasi kamu juga di bait awal itu masih harus diperbaiki,” tambah Soimah.

Tampil dengan busana serba putih, kolaborasi Owan (Boalemo) dan Lady Rara berhasil memukau seluruh dewan juri dengan lagu “Kala Cinta Menghampiri Jiwa”.

“Aku tidak menyangka Owan yang kita tahu kaku, ternyata bisa luluh dan tampil romantis juga dengan Lady Rara. Dari penampilan-penampilan sebelumnya, selalu kita komen kalau Owan harus memperbaiki body language dan stage act. Tapi, di penampilan malam ini semuanya dikerjakan dengan sangat baik sama Owan,” puji Denada.

“Kerja sama kalian malam ini luar biasa sekali. Berasa kalau kalian berdua itu couple. Aku sangat enjoy dengan penampilan kalian tadi,” tambah Dewi Perssik.

Tidak seperti dua penampil sebelumnya, kolaborasi Yuda (Pontianak) dan Rani Zamala gagal mendapatkan standing ovation dari dewan juri.

“Menurut saya penampilan Yuda tadi terkesan tidak berenergi. Saya rasa ini resiko dari menyanyikan lagu yang sebenarnya bukan lagu duet. Kedengaran di saya juga, pembawaan Yuda jadi kurang nyaman dengan key center-nya tadi,” ujar Soimah.

Baca Juga:   Afira Bulukumba Lolos Babak Konser Megah Top 20 D'Academy 6 Indosiar

“Saya setuju sama Ma’e, feel kalian berdua jadi kurang dapet. Menurut saya, umpan yang sudah diberikan Rani tidak kamu respon dengan cukup baik Yuda. Jadi, emosinya seperti tidak selaras,” tambah Dewi Perssik.

Tiba waktunya bagi para host yakni, Gilang Dirga, Ruben Onsu, Ramzi, Jirayut, dan Kier King untuk mengumumkan hasil polling academia.

Owan (Boalemo) otomatis lolos ke babak selanjutnya setelah menempati peringkat pertama dengan perolehan polling tertinggi sebesar 43.18%.

Keberhasilan Owan (Boalemo) disusul oleh Maharani (Serang) yang menempati peringkat kedua dengan perolehan polling sebesar 35.35%.

Sementara, Yuda (Pontianak) adik dari Aulia (Juara 3 D’Academy 4) harus tersingkir dari panggung D’Academy 6, karena menempati perolehan polling terendah sebesar 19.47%.

Di Grup 3, Ammar Kota Baru harus tersingkir meski pada penampilannya mendapat banyak pujian. Sedangkan dua konetstan lain yang yakni Riyan Lombok Timur dan Novia Serang lolos ke Top 8.

Grup 1:
1. Eca Makassar
2. Madhani Serdang Bedagai
3. Ina Situbondo – Tersenggol

Grup 2:
1. Maharani Serang
2. Owan Boalemo
3. Yuda Pontianak – Tersenggol

Grup 3:
1. Riyan Lombok Timur
2. Novia Serang
3. Ammar Kota Baru – Tersenggol

Grup 4:
1. Afira Bulukumba
2. Clara Pasaman Barat
3. Sahril Buton

Berita Terkait

Buka Hijab, Instagram Azzahra Ridwan Kamil Tak Pernah Sepi
Lebih Dekat dengan Sarah Rai Menzel, Kekasih Azriel Hermansyah
10 Mei 2024, Sinetron Terbaru SCTV ‘Saleha’ Tayang Perdana
Karang Taruna Sidrap Gelar Nobar di Rujab Wabup Dukung Timnas U-23
Lirik Lagu Waode – Cinta Tiada Batas, Soundtrack Sinetron Hidayah Cinta
Ini MV Lagu ‘Cinta Tiada Batas’, Soundtrack Sinetron ‘Hidayah Cinta’ SCTV
Ini Sinopsis Sinetron SCTV Hidayah Cinta, Cut Syifa Perankan Gadis Cantik Pembawa Sial
Sinetron Terbaru SCTV Hidayah Cinta Tayang Mulai 22 Maret 2024

Berita Terkait

Rabu, 3 Juli 2024 - 02:02 WITA

Buka Hijab, Instagram Azzahra Ridwan Kamil Tak Pernah Sepi

Rabu, 3 Juli 2024 - 01:43 WITA

Lebih Dekat dengan Sarah Rai Menzel, Kekasih Azriel Hermansyah

Kamis, 9 Mei 2024 - 14:37 WITA

10 Mei 2024, Sinetron Terbaru SCTV ‘Saleha’ Tayang Perdana

Senin, 29 April 2024 - 17:15 WITA

Karang Taruna Sidrap Gelar Nobar di Rujab Wabup Dukung Timnas U-23

Jumat, 22 Maret 2024 - 03:20 WITA

Lirik Lagu Waode – Cinta Tiada Batas, Soundtrack Sinetron Hidayah Cinta

Berita Terbaru

Sepakbola

Juara Copa America 2024, Argentina Hattrick Trofi Beruntun

Senin, 15 Jul 2024 - 13:41 WITA

Sepakbola

Inggris Gagal Lagi, Spanyol Angkat Tropy Euro 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 07:16 WITA