Ini Academia DA 6 Indosiar yang Tersenggol di Grup 1 dan 2 Top 20

Academi Dangdut Academy 6 Indosiar Top 20

Jakarta, Beritasidrap.com – Berikut ini adalah hasil konser Grup 1 dan 2 babak Top 20 Dangdut Academy 6 Indosiar.

D’Academy 6 sudah memasuki babak Top 20 yang telah bergulir sejak Selasa, 23 Januari 2024 lalu, dengan menghadirkan penampilan Group 1.

Hasilnya sebanyak 4 orang academia berhasil melaju ke babak berikutnya yakni, Ammar (Kotabaru), Clara (Pasaman Barat), Irham (Karawang), dan Madhani (Serdang Bedagai).

Sementara, Indah (Cilacap) menjadi academia pertama yang harus tersenggol dari D’Academy 6 Top 20.

Kemarin malam (24/01), giliran Marsa (Boalemo), Mita (Karawang), Novia (Serang), Sahril (Buton), dan Yuda (Pontianak) dari Group 2 yang bersaing dan mempersembahkan penampilan terbaik mereka untuk merebut hati para dewan juri yaitu, Denada, Hetty Koes Endang, Soimah, dan Jenita Janet.

Pada babak Top 20, masing-masing academia akan membawakan lagu penyanyi dangdut Indonesia yang telah dipilih secara acak dan ditentukan oleh dewan juri.

Marsa (Boalemo) membawakan lagu dari Mega Mustika, Mita (Karawang) membawakan lagu dari Camelia Malik, Novia (Serang) menyanyikan lagu Lesti Kejora, Sahril (Buton) membawakan lagu milik Mansyur S, serta Yuda (Pontianak) menyanyikan lagu dari Abiem Ngesti.

Penampilan pertama dibuka oleh Sahril (Buton) dengan membawakan lagu “Penampilan Kelabu” milik Mansyur S. Pembawaan Sahril yang ciamik berhasil mendapatkan standing ovation dari keempat dewan juri. “Kalau saya melihat Sahril ini paket komplit.

Mental bintangnya ada, kualitas vokal, artikulasi, stage act, penjiwaan, dan improvisasi kamu bagus. Jadi, kamu tidak memberi ruang untuk kami mengoreksi penampilan kamu,” puji Soimah terhadap penampilan Sahril (Buton).

Baca Juga:   Hasil Grup 1 Top 16 D Academy 6 Tadi Malam, Irham Karawang Tersenggol

Sebagai pendatang baru di industri dangdut Indonesia, Sahril (Buton) mengaku dirinya terus berupaya untuk berani belajar dan memperbaiki diri setiap kali diberi masukan oleh dewan juri. Hal ini dia lakukan agar dapat membentuk mental bintang yang kuat seperti yang dikatakan Soimah.

Mita (Karawang) sebagai penampil kedua, berhasil mendapatkan dua standing ovation dari Jenita Janet dan Denada.

“Kalau saya analogikan penampilan Mita tadi seperti angsa yang sedang berenang. Mita tampil anggun, sangat cantik, dan penuh percaya diri, sehingga kekurangan-kekurangan dari penampilan Mita tadi jadi tidak terlihat,” ujar Jenita Janet.

Denada pun sepakat dengan Jenita Janet, menurutnya Mita berhasil menyajikan penampilan yang menghibur dan berhasil membawakan dua genre dalam satu lagu dengan cukup baik.

Sementara, Bunda Hetty Koes Endang memberikan kritik yang cukup pedas untuk Mita. “Stage act kamu memang bagus, tapi stage act saja tidak cukup. Pas bagian kamu menyanyikan chorus itu banyak nada yang goyang. Kontrol not kamu harus diperbaiki Mita,” pesan Hetty Koes Endang.

Berlanjut ke penampilan ketiga, Novia (Serang) berhasil mendapatkan dua standing ovation dari Denada dan Hetty Koes Endang ketika membawakan lagu “Bawa Aku Ke Penghulu” milik Lesti Kejora.

Meski memberikan standing ovation, Bunda Hetty Koes Endang juga memberikan sedikit masukannya untuk Novia yang dinilai memiliki teknik yang lemah ketika menyanyikan huruf “i” pada ujung kalimat.

Denada pun menambahkan, “Aku melihat penampilan Novia hari ini pas sekali. Dari pembawaan kamu, style kamu, dengan lagu yang kamu bawakan itu terasa pas.

Baca Juga:   Hasil Grup 7 Final Audisi D'Academy 6, Eca Makassar Lolos Fifty Fifty

Tapi aku juga jadi bertanya-tanya kalau kamu nanti dikasih lagu yang up-beat dan powerful kira-kira nanti akan seperti apa? Aku jadi penasaran dengan interpretasi kamu. Mudah-mudahan kamu masih bisa melaju ke babak selanjutnya.” harap Denada.

Marsa (Boalemo) sebagai penampil keempat dari Group 2 dengan membawakan karya Meggy Z yang berjudul “Hitam Bukan Putih”.

Sayangnya, penampilan Marsa tidak mendapatkan satu pun standing ovation dari dewan juri. “Dari awal hingga tengah lagu, penampilan kamu belum bisa kami nikmati.

Tapi dari tengah ke belakang lagu baru energi kamu keluar, penghayatan lebih terasa, istilahnya tenggorokan kamu juga terasa lebih cair ketika bernyanyi.

Di awal lagu selain memang terasa kering suaramu, ada juga pengaturan pernafasan kamu yang kurang bagus, padahal semakin ke belakang lagu support pernafasan kamu cukup baik,” ujar Soimah.

Penampilan Group 2 ditutup oleh Yuda (Pontianak) yang membawakan lagu “Sonia”. Aulia (Juara Ketiga D’Academy 4 dan anggota Byoode) yang merupakan kakak kandung dari Yuda (Pontianak) turut hadir memberikan dukungan dan doa terbaik untuk Yuda di studio.

“Aku gugup karena penampilan yang lainnya juga bagus-bagus banget. Tapi tadi Yuda tampilnya juga bagus kok,” puji sang kakak.

Sementara dari dewan juri, Soimah mengomentari stage act Yuda yang agak terlihat kaku dan pembawaan Yuda yang terasa ragu-ragu di awal lagu. “Aku merasa penampilan Yuda malam ini grafiknya naik, lebih baik dari penampilan Yuda yang sebelumnya.

Baca Juga:   Daftar Kontestan Lolos Top 20 DA 6 Indosiar, Dua Peserta Raih Golden Tiket

Cuman Yuda perlu berhati-hati setiap menyanyikan ujung kalimat, karena ada beberapa yang terdengar nadanya kurang sampai. Tapi untuk stage act, menurut aku kamu oke kok,” ujar Denada.

Tiba waktunya bagi dewan juri memilih 1 orang academia yang mendapat penilaian terbaik untuk lolos ke babak selanjutnya.

Sahril (Buton) menjadi academia terbaik pilihan dewan juri yang dapat lolos ke babak Top 16. Kemudian para host yakni, Ramzi, Gilang Dirga, Ruben Onsu, Lady Rara, Jirayut, Kier King, dan Aldi Taher mengumumkan hasil akhir dari perolehan polling Group 2.

Yuda (Pontianak) berhasil lolos dengan polling sebesar 20.53%, disusul Mita (Karawang) dengan 16.20%, sementara di tempat terakhir Marsa (Boalemo) harus tersenggol dengan 14.23%.

Dukungan berupa vote dari pemirsa sangat penting karena siapapun yang memperoleh polling tertinggi otomatis akan langsung lolos ke babak selanjutnya.

Pemirsa dapat mendukung academia favorit pemirsa dengan melalui SMS dengan ketik DA(spasi)NAMA ACADEMIA kirim ke 97288 (tarif Rp2000+PPN/SMS) atau bisa juga vote melalui aplikasi Vidio dengan cara, buka Arcade Tab di aplikasi Vidio, pilih banner voting D’Academy 6, lalu pilih academia favoritmu, dan vote sebanyak-banyaknya.

Dukung dan saksikan penampilan dari Group 3 “D’Academy 6 Top 20” yang terdiri dari Eca (Makassar), Livi (Pangkal Pinang), Maharani (Serang), Riyan (Lombok Timur), dan Selma (Buton Selatan) malam ini, Kamis, 25 Januari 2024, pukul 20.30 WIB, LIVE di INDOSIAR!. ***