Gempa Guncang Sorowako, BMKG: Tetap Tenang Jangan Panik

oleh

MAKASSAR – Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar Fachri Radjab, meminta masyarakat tetap tenang pasca gempa bumi berkekuatan 3.0 skala richter (SR) mengguncang Sorowako wilayah Kabupaten Luwu Timur, Kamis, 11 Januari 2018. Fachri Radjab, meminta agar warga tenang dan tidak panik menanggapi info yang tidak bertanggung jawab.

“Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan dan belum ada laporan kerusakan,” kata Facri dalam siaran persnya. Gempa bumi melanda Sorowako pada pukul 17:42:26 Wita.

Adapun pusat gempabumi tektonik itu berada pada wilayah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan dengan koordinat episenter 2.45 LS dan 121.14 BT. Lokasi gempa berpusat di darat pada jarak 15 km Barat Laut Malili, pada kedalaman 18 km.

“Gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano,” tambah Fachri. Gempa ini memang di dirasakan di Sorowako: I SIG-BMKG (I – II MMI). “Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang,”tutupnya.