Kiat Berbelanja Hemat Dan Bijak Untuk Persiapan Ramadan 2024

- Editor

Jumat, 8 Maret 2024 - 21:05 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Buah-buahan. Gambar oleh HeungSoon dari Pixabay

Buah-buahan. Gambar oleh HeungSoon dari Pixabay

Jakarta, BeritaSidrap.com – Ramadan, bulan suci bagi umat Islam, akan tiba pada Maret 2024. Persiapan menyambut Ramadan perlu dilakukan dengan cermat, termasuk dalam hal berbelanja kebutuhan sehari-hari. Berikut adalah beberapa kiat berbelanja hemat dan bijak untuk persiapan Ramadan 2024:

1. Rencanakan Belanja

Buatlah daftar belanja yang berisi kebutuhan pokok dan bahan makanan yang akan dikonsumsi selama Ramadan. Hal ini akan membantu Anda mengendalikan pengeluaran dan menghindari pembelian impulsif. Prioritaskan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, dan tepung.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

2. Bandingkan Harga

Sebelum berbelanja, luangkan waktu untuk membandingkan harga di beberapa toko atau pasar. Anda dapat memanfaatkan aplikasi belanja online atau mengunjungi situs web toko untuk mencari penawaran terbaik. Perhatikan juga harga satuan dan ukuran kemasan untuk mendapatkan harga yang paling hemat.

3. Cari Diskon dan Promosi

Banyak toko dan pasar menawarkan diskon dan promosi menjelang Ramadan. Manfaatkan kesempatan ini untuk membeli kebutuhan pokok dengan harga lebih murah. Ikuti akun media sosial toko atau berlangganan buletin email untuk mendapatkan informasi terbaru tentang promo.

Baca Juga:   Tentukan Harga Pi Network, Duta GCV Katakan Tak Perlu 100 Persen Pendukung

4. Beli dalam Jumlah Besar

Jika memungkinkan, belilah kebutuhan pokok dalam jumlah besar. Hal ini dapat menghemat biaya karena harga per satuan biasanya lebih murah untuk kemasan besar. Namun, pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup dan dapat mengonsumsi semua bahan makanan sebelum masa kadaluarsanya.

5. Manfaatkan Pasar Tradisional

Pasar tradisional biasanya menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan supermarket atau minimarket. Selain itu, Anda dapat menawar harga dengan pedagang untuk mendapatkan harga terbaik. Namun, pastikan untuk memeriksa kualitas barang sebelum membeli.

6. Hindari Pembelian Impulsif

Saat berbelanja, hindari godaan untuk membeli barang-barang yang tidak termasuk dalam daftar belanja Anda. Pembelian impulsif dapat menghabiskan anggaran Anda dengan cepat. Tetap fokus pada kebutuhan pokok dan jangan tergiur oleh diskon atau promosi yang tidak Anda butuhkan.

7. Manfaatkan Program Loyalitas

Jika Anda sering berbelanja di toko tertentu, pertimbangkan untuk bergabung dengan program loyalitas mereka. Program ini biasanya menawarkan poin atau diskon khusus bagi pelanggan setia. Anda dapat menukarkan poin tersebut untuk mendapatkan potongan harga atau hadiah.

Baca Juga:   Lagu Religi Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2024

8. Beli Bahan Makanan Lokal

Bahan makanan lokal biasanya lebih murah dibandingkan dengan bahan makanan impor. Selain itu, membeli bahan makanan lokal juga dapat mendukung petani dan produsen lokal. Carilah pasar petani atau toko yang menjual produk-produk lokal.

9. Masak Sendiri

Memasak sendiri dapat menghemat biaya dibandingkan dengan membeli makanan jadi atau makan di luar. Siapkan makanan berbuka dan sahur sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah Anda beli. Selain lebih hemat, memasak sendiri juga lebih sehat karena Anda dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan.

10. Hindari Pemborosan Makanan

Perencanaan belanja yang baik dapat membantu Anda menghindari pemborosan makanan. Belilah bahan makanan secukupnya dan simpan dengan benar untuk memperpanjang masa simpannya. Jika ada makanan sisa, manfaatkan untuk membuat hidangan lain atau bagikan kepada tetangga atau orang yang membutuhkan.

11. Manfaatkan Teknologi

Manfaatkan teknologi untuk membantu Anda berbelanja hemat. Gunakan aplikasi belanja online untuk membandingkan harga dan mencari promo. Anda juga dapat menggunakan aplikasi manajemen keuangan untuk melacak pengeluaran Anda dan memastikan Anda tetap dalam anggaran.

Baca Juga:   Anggota Pi Network di Kongo Bentuk Forum Diskusi

12. Belanja Bersama

Jika memungkinkan, ajak teman atau keluarga untuk berbelanja bersama. Dengan berbelanja dalam jumlah besar, Anda dapat mendapatkan harga yang lebih murah dan menghemat biaya transportasi. Selain itu, berbelanja bersama juga dapat membuat kegiatan berbelanja lebih menyenangkan.

13. Pertimbangkan Kebutuhan Jangka Panjang

Saat berbelanja untuk Ramadan, pertimbangkan juga kebutuhan jangka panjang Anda. Belilah bahan makanan yang tidak mudah rusak dan dapat disimpan dalam waktu lama. Hal ini akan membantu Anda menghemat biaya dalam jangka panjang dan menghindari pemborosan makanan.

14. Jangan Tergiur Utang

Hindari berutang untuk memenuhi kebutuhan Ramadan. Utang dapat membebani keuangan Anda dalam jangka panjang dan membuat Anda kesulitan membayar tagihan. Jika Anda membutuhkan dana tambahan, pertimbangkan untuk mencari sumber pendapatan tambahan atau meminjam dari teman atau keluarga yang dapat dipercaya.

15. Tetap Disiplin

Berpegang teguh pada rencana belanja Anda dan hindari pengeluaran yang tidak perlu. Tetap disiplin dalam berbelanja akan membantu Anda menghemat uang dan memastikan Anda memiliki cukup dana untuk memenuhi kebutuhan Ramadan.

Berita Terkait

Ini Harga Meme Koin Slothana (SLOTH), Patut Diperhitungkan
Sidra Digital Assets Raih Penghargaan di Qatar Innovation Hackathon 2024
Pembaruan Besar dan Peluncuran DEX dari Sidra Chain akan Hadir Juli 2024
Percepat Migrasi, Pi Network Rilis Update KYC untuk Status Tentatif
CMC Verifikasi Suplai Koin Ice Network, Simak Perbandingan dengan Bitcoin
Penipuan Sidra Bank Marak, Modus dengan Sebar Web Phishing
Akuisisi PLTB Sidrap, Barito Group Gandeng Bank BNI
Pyth Network Rilis Data Pasar Real-Time di Hedera, Berguna Bagi Dev App DeFi
Tag :

Berita Terkait

Rabu, 3 Juli 2024 - 16:36 WITA

Ini Harga Meme Koin Slothana (SLOTH), Patut Diperhitungkan

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:40 WITA

Sidra Digital Assets Raih Penghargaan di Qatar Innovation Hackathon 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 19:45 WITA

Pembaruan Besar dan Peluncuran DEX dari Sidra Chain akan Hadir Juli 2024

Jumat, 3 Mei 2024 - 14:03 WITA

Percepat Migrasi, Pi Network Rilis Update KYC untuk Status Tentatif

Kamis, 2 Mei 2024 - 22:22 WITA

CMC Verifikasi Suplai Koin Ice Network, Simak Perbandingan dengan Bitcoin

Berita Terbaru

Sepakbola

Juara Copa America 2024, Argentina Hattrick Trofi Beruntun

Senin, 15 Jul 2024 - 13:41 WITA

Sepakbola

Inggris Gagal Lagi, Spanyol Angkat Tropy Euro 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 07:16 WITA