Dunia  

Bantuan Indonesia untuk Gaza Tiba di Mesir, Diangkut 2 Pesawat Hercules

Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina. (Foto: Dok PMJ).

Jakarta, Beritasidrap.com – Bantuan rakyat Indonesia untuk korban konflik Gaza dikabarkan telah tiba di Mesir.

Bantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia untuk rakyat Palestina tiba di Bandara El Arish, Mesir, pada hari Senin (6/11/2023) kemarin waktu setempat.

Bantuan ini diangkut oleh dua pesawat Hercules TNI Angkatan Udara.

Rombongan yang ikut dalam pengiriman tersebut dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia (Wamenlu) Pahala Mansury yang diutus Presiden Joko Widodo untuk mewakili pemerintah Indonesia.

“Selanjutnya, bantuan kemanusiaan ini akan dikelola pengirimannya sampai ke Palestina oleh Palang Merah Internasional Mesir. Dengan melalui proses seremonial penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) oleh Wamenlu RI kepada perwakilan Egyptian Red Crescent, Ahmed Aly,” ujar Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Arm Suhendro Oktosatrio dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa (7/11/2023).

Baca Juga:   Fatwa MUI yang Haramkan Beli Produk Pendukung Israel, Download di Sini

Adapun pihak-pihak yang menyambut bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia di Bandara El Arish, Mesir, yakni Dubes RI LBBP Y.M. Lutfi Rauf, Athan RI Cairo Kolonel Kav Aria S. Saleh, Korfung Politik Dian Ratri, Staf KBRI dan staf Kantor Athan RI, serta pihak Egyptian Red Crescent/Bulan Sabit Merah Mesir.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) memimpin prosesi pelepasan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Sabtu (4/11/2023).

“Alhamdulillah pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” kata Jokowi, Sabtu (4/11/2023).

Jokowi menyampaikan bahwa pengiriman tersebut merupakan bantuan tahap pertama dengan menggunakan 3 pesawat berisi 51,5 ton bantuan yang terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya, yang disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza.

Baca Juga:   Doodle Google Rayakan Martin Luther King Jr. Day

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah namun juga dari masyarakat, dari dunia usaha yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusian,” kata Jokowi.

Bantuan-bantuan yang dikumpulkan yakni diantaranya dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Indonesian Humanitarian Alliance (IHA), Palang Merah Indonesia (PMI), Kitabisa, beserta pemerintah, TNI, dan Polri.

“Saya ingin menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina,” tandasnya. ***