Dukung Perencanaan Pengelolaan Irigasi Terpadu, Pemkab Sidrap Sosialisasikan RP2I

oleh -

SIDRAP-Sosialisasi Draft Rencana Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi (RP2I) Program Integrated Partisipatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) Tahun 2019 tingkat Kabupaten Sidrap, berlangsung Senin (1/4/2019) di Ruang Rapat Bupati Sidrap.

Sosialisasi diikuti unsur Dinas PSDA, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, para Ketua P3A dan GP3A dan koordinator TPM dan para TPM.

Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi membuka sosialisasi didampingi Sekretaris Bappelitbangda Sidrap, Andi Muhammad Arsjad. Hadir sebagai narasumber, Konsultan Istitutional Strengthening For Agricultural Irrigation (ISAI) Program IPDMIP, H Darwis.

Dalam sambutannya, Sudirman Bungi memaparkan tujuan kegiatan tersebut untuk membantu pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota dan pelaku pengelola irigasi lainnya dalam menyusun suatu perencanaan yang terpadu dan terkoordinasi.

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, RP2I merupakan instrumen perencanaan berisi program dan perkiraan kebutuhan dana untuk pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi partisiatif yang disusun Bappelitbangda, Dinas PSDA, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan untuk periode 5 tahun ke depan.

“Dokumen tersebut akan disahkan oleh Bapak Bupati Sidenreng Rappang dan menjadi sumber informasi untuk musrenbang kabupaten dan provinsi,”ujar Sudirman.

Mengingat lokasi daerah irigasi dan masyarakat tani berada di kabupaten/kota, sambung Sudirman, maka melaui RP2I perencanaan bidang irigasi untuk kewenangan pusat, provinsi dan kabupaten diharapkan lebih terpadu.

“Ini sangat diperlukan oleh kabupaten/kota dalam melaksanakan kebijakan dan strategi pembangunan daerah bidang pertanian serta pengelolaan irigasi secara partisipatif,”tandas Sudirman.

Print Friendly, PDF & Email