Dollah Mando Tinjau Proyek Revitalisasi Danau Tempe

oleh -

SIDRAP-Bupati Sidrap, H Dollah Mando meninjau proyek revitalisasi Danau Tempe yang terletak di Kelurahan Wette’e Kecamatan Panca Lautang, Ahad (7/4/2019).

Proyek mengerjakan tiga pulau buatan dari sedimen yang dikeruk dari dasar Danau Sidenreng. Tujuannya, menambah volume tampung danau.

Dalam kunjungan itu, Dollah Mando didampingi, Kadis PSDA Imran Abidin, Kadis PRKP2LH, Hj Aryani Tajuddin, Kadis Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan, Azis Damis, Kabid Jalan Dinas PU Tarhub, M Yusuf dan Camat Panca Lautang, Usman Demma.

Mereka diterima Site Operation Manager, Sri Suyatno dan Site Engineer Manager, Donny Kurniawan Susanto.

Dollah Mando mengatakan, dengan adanya proyek tersebut, sekitar 100 hektar persawahan di Kecamatan Panca Lautang bisa terpenuhi kebutuhan air terutama di musim kemarau.

“Jadi petani di Panca Lautang sudah bisa menikmati panen dua kali setahun sama dengan kecamatan lain di Kabupaten Sidrap,” ujar Dollah.

Ditambahkannya, selain pertanian proyek tersebut juga akan memberi nilai tambah pada sektor perikanan dan pariwisata.

“Sehingga akan menambah pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dibanding sebelumnya,” papar Dollah.

Sebagai informasi, bertambahnya daya tampung danau berimbas meningkatnya meningkatnya volume air baku untuk pertanian dan meningkatnya produksi ikan serta dapat meminimalisir terjadinya banjir.

Adapun pulau buatan dapat menjadi destinasi wisata baru di Bumi Nene Mallomo. Rencananya, proyek ini rencananya akan rampung tahun ini.