Dollah Mando Resmikan Pamsimas Allesalewo

oleh -

Bupati Sidrap, H Dollah Mando memimpin uji fungsi sekaligus meresmikan fasilitas Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Desa Alessalewo Kecamatan Panca Lautang, Jumat (18/1/2019).

Uji coba berjalan sukses dan Pamsimas Alessalewo tahun ini siap melayani air bersih bagi warga setempat.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup, Hj Aryani, Kadis Pemberdayaan Masyarakat, Desa, PPA, Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Bappeda, Muh Basri dan Camat Panca Lautang Usman Demma.

Dalam arahannya, H Dollah Mando berharap fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat. “Fasilitas ini milik bersama yang harus dimaksimalkan dan dijaga keberlanjutannya,”pesan Dollah.

Mantan Wakil Bupati Sidrap dua periode itu mendorong desa kelurahan lain yang belum memaksimalkan pamsimasnya. “Bagi desa yang belum menjalankan pamsimas, bisa mencontoh Desa Alessalewo,”ujar Dollah.

Koordinator Pamsimas Kabupaten Sidrap, Muhammad Fadli, menjelaskan sebelumnya warga Ale Salewo mengandalkan air bersih dari sumber sumur bor atau sumur gali.

“Kedalaman Sumur gali atau bor rata-rata hanya 20 meter, artinya masih air tanah permukaan sehingga saat musim hujan mudah tercemar dan keruh,”kata Fadli.

Untuk Pamsimas, lanjutnya, kedalaman sumurnya mencamai 80 meter atau mencapai sumber air dalam, sehingga kualitas air lebih bersih untuk digunakan warga.

Sementara itu, Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Bappeda, Muh Basri mengungkap selain Alessalewo, ada 3 desa lain yang akan diresmikan pamsimas-nya.

“Desa yang dimaksud yaitu, Passeno, Sumpang Mango dan Aka-akae,”terang Basri.

Print Friendly, PDF & Email