Asik, Kincir Angin di Sidrap Jadi Objek Wisata Selfie

oleh

PANGKAJENE – Kehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) memjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Sidenreng Rappang (Sidrap). Selain menjadi pembangkit listrik terbesar di Indonesia, juga rupanya menjadi objek pemandangan indah.

Warga sudah mulai mencari lokasi posisi berselfie ria dengan latar kincir angin tersebut. Meski saat ini masih tahap pengerjaan, beberapa foto sudah beredar di dunia maya.

Sebanyak 30 kincir angin raksasa di Desa Mattirotasi dan Desa Lainungan, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap, bakal menghasilkan energi listrik.

Kincir angin ini berputar di atas bukit dan sekitar pegunungan hijau. Sehingga menambah keindahan dan sensasi untuk dinikmati.

Selama ini, kincir angin sangat terkenal di Belanda. Sehingga sebagian warga yang ingin menikmati sensasi pemandangan seperti itu dapat dilihat di negara sendiri. “Asik juga. Tak perlu ke Belanda, di Sidrap sudah ada pemandagan kincir angin raksasa yang indah,”tulis Nirmawati di akun Facebook.

Pondasi setiap kincir berdiameter 20 meter demgan menara setinggi 80 meter. Setiap tiang terdiri tiga bilah baling-baling dengan masing-masing sepanjang 56 meter.

Kincir ini bekerja selama 24 jam setiap hari dan menghasilkan energi listrik total sebesar 75 MW.