30 ASN Sidrap Ikut DIKLATPIM III di Makassar

oleh -

MAKASSAR-Sebanyak 30 pejabat struktural administrator, 19 laki-laki dan 11 perempuan, lingkup Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan tingkat III Angkatan 152.

Diklatpim digelar Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Sidrap bekerjasama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan di Kampus I BPSDM Jl Sultan Alauddin Makassar, dimulai Senin (18/3/2018).

Rencananya, diklat terdiri 857 jam pelajaran, berlangsung hingga 3 bulan ke depan, tepatnya sampai tanggal 1 Juli 2019.

Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi saat membuka kegiatan itu mengatakan, ASN harus punya daya saing untuk menunjang pemerintah daerah khususnya dalam pelayanan masyarakat.

“Pelatihan ini merupakan upaya efektif membentuk kompetensi pejabat. Karenanya penting mengikuti kegiatan ini dengan kedisiplinan, penuh kesadaran bukan karna formalitas belaka,” pesannya.

Sudirman yang juga Plt Kepala BKPPD Sidrap itu berharap, output diklat berupa proyek perubahan yang dihasilkan dapat memberi pengaruh besar bagi birokrasi Sidrap.

“Kami sarankan seluruh proyek perubahan dari peserta dapat dijelaskan dan dipamerkan. Dijelaskan di depan para ASN, kalau perlu undang anggota DPRD dan lainnya,” kata Sudirman.

Sementara Kepala BPSDM Sulsel, Imran Jausi mengungkap, metode pembelajaran saat ini menekankan pendekatan digital. Materi, soal dan data nantinya akan diunduh atau diunggah lewat hp.

“Perkembangan teknologi yang cepat membuat ASN saat ini berhadapan dengan generasi milenial, sehingga ASN pun harus adiktif dengan pola baru sesuai tuntutan masyarakat,” tandasnya.